Harga Ubi Ungu per Kg di Kalangan Petani Anjlok, Padahal di Supermarket Bisa Dijual Mahal

Harga Ubi Ungu - www.amazon.comHarga Ubi Ungu - www.amazon.com

Ubi ungu merupakan kelompok ubi jalar yang juga cukup digemari oleh . Ubi yang berwarna keunguan ini mengandung banyak yang bermanfaat dan juga nikmat untuk dikonsumsi. Namun sayang, pada panen tahun 2019 ini rupanya banyak yang merugi karena ubi ungu per kg tidak sebanding dengan mereka.

“Panen kali ini, harganya anjlok. Cuma Rp1.000 per kilogram. Ini menyedihkan sekali,” ungkap Totok Abdul Manap, salah seorang petani ubi ungu di Desa Jeruk Sok-Sok, Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso, seperti dilansir Merdeka.

Totok mengaku kondisi hasil panen tahun ini berbeda jauh dari musim panen tahun lalu. “Tahun lalu harganya bias mencapai Rp2.500 per kilogram,” beber Totok. Dengan harga jual di tingkat petani hanya Rp1.000 per 1 kilo, keuntungan yang diperoleh oleh petani menjadi sangat kecil. “Kira-kira ongkos di kisaran Rp800 per kilogram. Tergantung luas lahan juga. Ongkos paling besar ya tenaga kerja,” katanya.

Para petani kabarnya terpaksa tetap memanen ubi ungu mereka. Pasalnya, jika terus dibiarkan justru akan terus merugi. Hal tersebut berkaitan dengan biaya produksi yang juga akan membengkak apabila ubi tak segera dipanen. Apalagi jika menunggu harga membaik pun dinilai terlalu spekulatif.

Menurut para petani, anjloknya harga ubi ungu dalam masa panen kali ini lantaran musim panen hampir bersamaan dengan daerah-daerah lainnya. Tak hanya di Bondowoso, ubi ungu juga banyak ditanam di Magetan dan Bojonegoro. “Biasanya ada tengkulaknya yang ngambil untuk dijual ke pabrikan di Surabaya,” ungkap Totok.

Mirisnya lagi, harga ubi ungu per kg ketika sudah memasuki pasaran pada dasarnya cukup tinggi. Di pasaran harga ubi ungu per kilo berkisar mulai dari Rp9.500 hingga Rp12 ribuan. Apalagi jika sudah masuk supermarket layaknya Superindo, ubi ungu bisa dijual dengan harga mencapai Rp18.900 per 1 kilogram.

Sebagai informasi, ubi ungu dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat yang juga kaya dengan kandungan protein, zat besi, fosfor, kalium, vitamin A, C, dan E. Bahkan umbi-umbian satu ini disebut-sebut lebih kaya antioksidan apabila dibandingkan ubi yang lain.

Loading...