Rasa Semanis Madu, Harga Ubi Cilembu per Kg Mulai Rp15 Ribuan

Ubi Cilembu - @JayaYEAUbi Cilembu - @JayaYEA

ubi jalar atau yang dalam Inggris disebut sweet potato termasuk salah satu komoditas pangan yang cukup di Indonesia. Jenis ubi ada bermacam-macam, mulai dari ubi kuning, ubi ungu, hingga ubi madu. Ubi madu alias ubi Cilembu adalah ubi ras yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar dengan yang cukup terjangkau ini sebenarnya sudah sejak tahun 1990-an.

Ubi madu Cilembu kabarnya hanya dapat tumbuh dengan baik di lahan perkebunan yang terdapat di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang. Ubi dengan nama ilmiah Ipomoea batatas ini konon mampu menghasilkan manis yang khas apabila ditanam di sejumlah yang ada di sekitar kaki Gunung Kareumbi, lantaran masih termasuk daerah Sumedang. Rasanya yang manis bahkan disebut-sebut menyerupai manisnya madu.

“Untuk menghasilkan rasa manis yang sempurna ubi harus dioven selama 2 jam,” ungkap salah seorang penjual ubi Cilembu bernama Entin, seperti dilansir Tribunnews. Lebih lanjut Entin menuturkan bahwa ubi cilembu termasuk penganan dan oleh-oleh favorit para pengendara yang melintasi daerah Cadas Pangeran.

Tak hanya populer di kawasan Sumedang, ubi cilembu pun sangat digemari di Bogor, terutama di daerah wisata Puncak. Keunikan lain dari ubi cilembu ini adalah ketika dibakar dengan menggunakan oven, biasanya ubi cilembu akan mengeluarkan cairan atau lelehan yang sifatnya lengket seperti gula dan warnanya sepintas mirip seperti madu. Oleh sebab itu masyarakat menyebutnya dengan istilah ubi madu.

Dari segi rasa, ubi cilembu pun begitu lezat, manis, dan legit, serta tidak terasa enek di tenggorokan. “Rp25.000 per kilo ubi yang udah dipanggang. Kalau mentah Rp15.000 sekilo,” kata Ade Pramana, ubi bakar cilembu di daerah Puncak, Bogor.

Tak hanya di pinggir-pinggir jalan, ubi cilembu juga banyak secara online maupun di supermarket terdekat. Di Superindo misalnya, harga ubi cilembu yang masih mentah dibanderol Rp18.500 per 1 kg, sedangkan di e-commerce harga ubi cilembu mentah berkisar Rp25 ribu, dan yang sudah matang atau sudah dibakar harganya mencapai Rp60 ribu per 1 kilogram.

Loading...