Berguna untuk Tekan Hama Tikus, Tyto Alba Dijual Mulai Harga Rp175 Ribuan

Burung hantu tyto alba (sumber: pinterest)Burung hantu tyto alba (sumber: pinterest)

Burung hantu mungkin selama ini lekat dengan kesan mistis karena karakteristiknya yang merupakan nocturnal atau hanya muncul saat malam hari saja. Namun, belakangan banyak jenis burung hantu yang justru dipelihara, diperjual-belikan dengan beragam, atau bahkan menjadi sahabat . Ya, jenis burung hantu seperti Tyto Alba (barn owl) diketahui memangsa tikus yang menjadi hama cukup mengganggu di bidang .

Tyto alba atau yang memiliki nama lain serak jawa adalah jenis burung hantu yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Tyto alba termasuk spesies pemangsa dan penangkap tikus bintang dan vole (sejenis tikus tapi lebih gemuk. Bahkan kabarnya, menurut penelitian, sepasang burung hantu tyto alba dapat memangsa hingga 6.000 tikus per tahun.

Tak heran jika kemudian burung hantu pun banyak ditangkarkan di area persawahan untuk dijadikan predator yang memangsa hama-hama tikus. Namun, menurut Tri Harijono selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tak dapat dipelihara untuk kebutuhan itu.

“Jika dipelihara dengan sengaja, misalnya ditaruh di , malah ia lepas, hilang. Tapi burung hantu memang tidak bisa membuat sendiri. Tempat tinggalnya biasanya di pohon yang berlubang, atau bekas burung lain,” ujar Tri, seperti dilansir NU.

Oleh sebab itu, Tri berusaha membuatkan di sekitar sawah yang di dalamnya dirancang seolah merupakan bekas sarang burung. Beruntung karena itu cocok dan lama-kelamaan terisi burung hantu tyto alba dengan sendirinya. “Malam hari dia (tyto alba) kerja, makan tikus yang berkeliaran di sawah,” bebernya.

Cara tersebut menurutnya cukup ampuh untuk menghalau tikus yang hendak masuk area persawahan. Kerusakan pohon padi yang biasanya berkelompok seperti bagian batang yang potong dan kocar-kacir pun sudah jauh berkurang.

Di pasaran sendiri burung hantu tyto alba ternyata juga banyak dijual secara online dalam wujud anakan atau bahkan yang sudah dewasa. Adapun harga tyto alba yang masih anakan berkisar antara Rp175 ribu hingga Rp250 ribu per . Harga tersebut bisa sangat bervariasi di setiap daerah.

Loading...