Masih Langka di Indonesia, Berapa Harga Tanaman Typhonium Blumei?

Tanaman Typhonium Blumei - www.plantsoftheworldonline.org

Selain aglaonema, typhonium kini juga banyak dilirik sebagai hias oleh para penghobi . Jenis typhonium sendiri ada banyak, salah satunya adalah Typhonium flagelliforme atau yang lebih dikenal dengan sebutan keladi tikus. Kemudian juga ada Typhonium blumei yang masih tergolong di . Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, tanaman typhonium bahkan disebut-sebut sebagai tumbuhan herbal yang memiliki untuk mengobati beberapa penyakit mematikan. Tak heran jika tanaman ini bisa cukup mahal.

Typhonium blumei sendiri masih termasuk dalam famili Araceae dan berasal dari genus Typhonium Scott. Typhonium Blumei Nicolson & Sivad ini kabarnya tumbuh di Taiwan, Vietnam, Thailand, Myanmar, China, Laos, hingga Bangladesh. Di Indonesia sendiri kabarnya tanaman ini baru diperkenalkan di wilayah Kalimantan, oleh sebab itu masih tergolong langka.

Sepintas tampilan Typhonium blumei mirip seperti tanaman keladi pada umumnya, dengan bagian bawah memiliki rimpang yang lebar dan pipih, menghasilkan banyak offset kecil berserabut. Kemudian tangkai daun hijau dengan ukuran antara 20-40 cm, perbungaan muncul di samping daun, gagang bunga hijau pucat ukuran 9-11 cm.

Typhonium blumei kabarnya pertama kali dibudidayakan tahun 2009 dan dikumpulkan untuk pada 2011 di Taiwan, dengan hasil riset yang diterbitkan tahun 2017. Meski masih langka di Indonesia, tanaman ini disebut-sebut mengandung empat asam lemak berprotein (Oxygenated Fatty Acids) yang bersifat anti inflamasi, anti-virus, anti alergi, dan juga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi atau mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh.

Menurut postingan di salah satu grup Facebook, @sustainablejogja, harga per Typhonium blumei bisa dibanderol mencapai Rp100 juta. Luar biasa sekali bukan? Sayangnya, masih belum banyak sumber di Indonesia yang membahas atau menjual tanaman Typhonium blumei.

Jika mengulik sesama tanaman Typhonium seperti Typhonium flagelliforme atau keladi tikus, kabarnya tumbuhan ini dapat mengobati penyakit kanker. Menurut dr. Prapti Utami, herbalis dari Klinik Evergreen, keladi tikus ampuh sebagai kanker, khususnya yang masih stadium 1 dan 2.

Dokter Prapti menjelaskan, keladi tikus mempunyai sifat yang membuat sel-sel dalam tubuh jadi sehat dengan membuat inti sel kanker hancur secara bertahap. “Tapi keladi tikus tidak bisa berdiri sendiri, harus dicampur dengan lain,” katanya, seperti dilansir Jitunews.

Loading...