Berguna untuk Mengobati Mata Hewan, Harga Tylovet Berkisar Mulai Rp20 Ribuan

Ilustrasi : Beberapa sapi di peternakan hewanIlustrasi : Beberapa sapi di peternakan hewan

Seperti halnya manusia, pun ternyata juga bisa mengalami iritasi yang menyebabkan matanya merah atau bahkan berair. Untuk mengatasi mata yang disebabkan oleh bakteri, biasanya pemilik hewan kerap menggunakan obat antibiotik yang mengandung tetracycline atau tylosin seperti Tylovet. Tylovet sendiri dibanderol cukup murah, berkisar antara Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan untuk varian dan Tylovet C-25 mg mulai Rp24 ribu.

Tiap ml Tylovet mengandung Tylosin 10 mg, dan Nacl fisiologis 9 mg. besutan Meyer ini penyakit mata pada berbagai hewan seperti , domba, anjing, kucing, sapi, hingga kerbau. Adapun dosis yang dianjurkan untuk dan domba adalah 1 tetes, untuk anjing dan kucing dosis penggunaannya sekitar 1-2 tetes, dan sapi atau kerbau sekitar 5 tetes untuk dipakai sehari 3 kali selama 3 hari berturut-turut.

Infeksi mata biasanya merupakan penyakit yang banyak menyerang hewan seperti sapi. Biasanya penyakit ini ditandai dengan muncul kemerahan atau kelebihan mata (lakrimasi) yang menandakan bahwa sapi tersebut mengalami infeksi. Sapi yang terinfeksi umumnya akan menunjukkan berbagai gejala dengan penyebab yang juga beragam, mulai dari debu, rambut, benda asing lain, infeksi bakteri atau virus dan parasit tertentu, hingga ada luka pada mata.

“Butuh pemeriksaan dokter hewan untuk memastikan penyebab utama pada lokasi infeksi mata tersebut. Sehingga, penentuan tindakan dan bisa dilakukan secara tepat. Salah tindakan atau terapi akan menyebabkan infeksi semakin parah,” demikian seperti dilansir Sapibagus.

Gangguan mata lain yang kerap terjadi adalah pink eye. Penyakit ini biasanya menular dan dapat menyerang hewan ternak yang lebih muda. Peradangan ini dapat mengakibatkan warna mata yang tadinya putih menjadi kemerahan. Jika tidak segera ditangani, hewan ternak akan berpotensi mengalami kebutaan hingga penurunan bobot secara signifikan.

Penyakit semacam itu kerap menyerang hewan ternak ketika musim kemarau. Pink eye biasanya ditularkan melalui kontak langsung antar hewan ternak, atau bisa juga lewat perantara lalat. Selain menggunakan Tylovet, pemilik hewan pun bisa menggunakan salep mata untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Loading...