Tersedia Banyak Ukuran, Segini Harga Tumpeng Ny Hendrawan

Harga Tumpeng Ny Hendrawan - sg.openrice.comHarga Tumpeng Ny Hendrawan - sg.openrice.com

JAKARTA – Bagi , terutama di , tumpeng menjadi salah satu sajian yang wajib ada dalam suatu perayaan, seperti ulang tahun hingga pernikahan. Selain bisa dibuat sendiri, sekarang sudah banyak catering yang melayani tumpeng, termasuk Ny Hendrawan. Diklaim menggunakan -bahan segar terbaik, harga tumpeng Ny Hendrawan memang tidak bisa dikatakan murah.

Dilansir dari resminya, tumpeng Nyonya Hendrawan tersedia dalam beberapa ukuran diameter. Tumpeng berukuran 45 cm untuk 20 orang, harganya mulai Rp1 jutaan, sedangkan ukuran 47 cm untuk 30 orang dilepas Rp1,2 jutaan. Sementara itu, harga tumpeng ukuran 49 cm untuk 40 orang Rp1,4 jutaan dan ukuran paling besar, 54 cm, untuk 50 porsi berkisar Rp1,5 jutaan.

“Tumpeng Nyonya Hendrawan menggunakan bahan-bahan segar terbaik, dan diolah untuk cita rasa Indonesia yang otentik,” demikian tulis jasa catering tersebut dalam situs resmi mereka. “Tumpeng Nyonya Hendrawan terdiri dari nasi kuning, sambal goreng kentang dan buncis, ayam goreng, empal , telur cabai, udang balado, perkedel, dan kering tempe.”

Walaupun tujuan akhirnya untuk disajikan dan disantap, ternyata nasi tumpeng memiliki makna filosofis yang mendalam. Nasi tumpeng adalah bentuk representasi hubungan antara Tuhan dengan manusia dan manusia dengan sesamanya. “Manusia memahami ketuhanan sebagai sesuatu yang besar dan tinggi dan berada di puncak. Nah, nasi tumpeng ini kemudian menjadi representasi dari puncak gunung atau ketuhanan,” papar pengajar Sastra Jawa di Universitas Indonesia, Dr. Ari Prasetiyo, S.S., M.Si, dilansir dari Kompas.

“Dalam konsep Jawa dikenal ungkapan ‘sangkan paraning dumadi’ (tahu dari mana dan akan ke mana segala makhluk), ‘mulih ing mulanira’ (kembali ke asalnya),” sambung Ari. “Agar kembali ke Tuhan atau kaitannya dengan konsep surga dan neraka, manusia harus berbuat baik dan berhati-hati dalam hidup di yang penuh karut marut seperti lambang dari lauk pauk nasi tumpeng.”

Loading...