Meski Berukuran Kecil, Harga Tomat Ceri per Kg Lebih Mahal dari Tomat Biasa

Tomat ceri dijual di pasarTomat ceri dijual di pasar

yang beredar di Indonesia ada beragam macamnya, mulai dari hijau, lokal, beef tomato, hingga cherry yang belakangan sedang populer. Dibandingkan biasa, ceri memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya pun manis. Meski demikian, ceri memiliki jual per kg yang cukup tinggi.

Di toko jual beli online, harga tomat ceri per 1 kilogram dapat mencapai Rp29 ribu. Sementara itu, di swalayan seperti Superindo, harga Gogurin Cherry Tomato 200 gram Rp14 ribu, dan Fresharvest Premium Red Cherry Tomato 1/4 kilo atau 250 gram harganya Rp25 ribu per pack.

Walaupun berukuran mini, tumbuhan yang berasal dari famili Solanaceae ini kabarnya mempunyai semua kandungan yang ada pada tomat lain. Misalnya saja rendah sodium, lemak jenuh, dan juga kolesterol. Tak heran jika usaha budidaya tomat ceri kini semakin prospektif.

Menurut Yudi Supriyono, Manajer Produksi Sayur di Parung, Bogor, Jawa Barat, dalam beberapa tahun terakhir permintaan terhadap tomat ceri terus meningkat. Jenis tomat satu ini disukai karena bentuk fisiknya yang kecil dan memudahkan konsumen dalam mengolahnya. “Tomat ini tak usah dipotong ketika dicampur sebagai bumbu masakan,” ujar Yudi, seperti dilansir Kontan.

Namun rata-rata pembudidaya tomat cherry lebih banyak menyasar konsumen kelas menengah atas. Oleh sebab itu, tomat ceri jarang beredar di pasar tradisional dan lebih banyak dipasarkan di pasar modern seperti supermarket dan hypermarket.

Senada, Ifan Ali pemilik Van Farm pun mengakui bahwa budidaya tomat cherry masih menjanjikan. “Pembudidaya tomat ceri di Indonesia masih belum banyak,” ujarnya. Padahal permintaan tomat ceri cukup besar. Tak hanya buahnya yang dikonsumsi, tomat cherry pun dapat dijadikan tanaman hias. Namun Ifan menyebutkan, salah satu kelemahan dari tomat ceri adalah sangat rawan penyakit ketika perubahan musim.

Tak hanya menjual ke pasar modern, Ifan juga memasarkan tomat ceri hasil budidayanya ke restoran. Setiap bulan ia sanggup memproduksi 1 ton tomat dengan omzet puluhan juta . “Kalau dijual ke pasar tradisional, harganya bisa jatuh,” ungkapnya.

Loading...