Berguna untuk Pengencer Lem, Harga Toluene per Liter Mulai Rp50 Ribuan

Harga Toluene per Liter - www.bukalapak.comHarga Toluene per Liter - www.bukalapak.com

atau perekat menjadi yang hampir tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Sayangnya, banyak orang tak menyadari bahwa beberapa lem atau tertentu mungkin mengandung zat kimia berbahaya seperti toluene. Toluena sendiri memiliki beragam fungsi, mulai dari untuk keperluan hingga untuk pengencer lem. Toluen biasanya per liter atau lebih dengan yang juga , tergantung mereknya.

Sebagai informasi, harga toluene teknis per liter berkisar mulai Rp50 ribuan hingga Rp150 ribuan (dikemas dalam botol atau jerigen). Ada juga toluene Merck for Analysis Emsure ukuran 2,5 liter yang dijual seharga Rp829 ribuan atau ukuran lebih besar isi 25 liter seharga Rp8 jutaan.

Selain lem, bahan kimia dengan aroma yang kuat dan khas ini juga ditemukan sebagai aditif dalam berbagai produk lainnya seperti cat kuku (kuteks), rokok, bensin, pewarna, parfum, bahan peledak, cat dan thinner, serta barang-barang manufaktur lain. Bahan kimia ini ternyata bisa memengaruhi kesehatan seseorang jika dihirup atau saat yang terkontaminasi toluene tertelan.

Menurut Product Manager UHU Indonesia, Christian Herawan, produknya tak memakai zat berbahaya tersebut. Pasalnya, toluena telah dilarang penggunaannya di berbagai negara, termasuk di Eropa dan Amerika Serikat lantaran berbahaya untuk kesehatan.

Christian menjelaskan, toluene bisa menimbulkan sejumlah buruk untuk kesehatan, seperti sakit kepala, pusing, berhalusinasi, memperlambat aktivitas otak, memperlambat koordinasi gerak, kelainan detak jantung, kejang, dan dalam konsentrasi tinggi dapat menimbulkan kerusakan organ vital seperti jantung, hati, bahkan sampai koma. risiko kesehatan karena menghirup aroma toluene ini bahkan lebih besar bagi anak-anak.

“Kami berharap konsumen harus teliti memilih produk yang tidak berbahaya bagi kesehatan, khususnya terkait efek dari zat Toluene,” papar Christian. Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk lem yang aman, pihaknya menghadirkan produk UHU All Purpose yang diklaim bebas toluene berdasar hasil laboratorium independen.

Dalam hasil tes didapatkan bahwa ambang batas aman untuk zat toluene adalah 0,1% dan UHU All Purpose disebut tak mengandung zat tersebut. “Sementara untuk zat Benzena, ambang batas aman yakni 5 mg, dan kembali UHU All Purpose tidak sama sekali mengandung zat Benzena,” tutupnya.

Loading...