Jual Aneka Olahan Singkong, Harga Tiwul Yu Tum Ramah di Kantong

Tiwul Yu Tum - liburanjogja.co.idTiwul Yu Tum - liburanjogja.co.id

yang terbuat dari memang beragam jenisnya. Apabila berkunjung ke daerah Gunung Kidul, , ada banyak jajanan yang bisa ditemui, salah satunya seperti tiwul. Tiwul Yu Tum yang terletak di Jalan Pramuka No. 36, Wonosari merupakan salah satu yang terkenal dan bisa dicoba. legendaris ini menawarkan aneka singkong, seperti tiwul dan gatot dengan relatif ramah di kantong.

Selain menyajikan tiwul dan gathot yang bisa langsung disantap di tempat. Yu Tum juga menawarkan menu yang dikemas agar bisa dibawa bepergian jarak jauh atau dijadikan oleh-oleh. Beberapa menu tersebut antara lain thiwul instan dengan harga Rp18.000 per bungkus, gathot instan Rp19.000, nasi thiwul instan Rp15.000, grit jagung instan Rp17.000, thiwul instan box Rp21.000, dan gathot instan box seharga Rp21.000.

Saat libur Lebaran, kabarnya penjualan makanan khas Gunungkidul, tiwul dan gatot bisa meningkat hingga 3 kali lipat dibanding hari biasa. “Pada hari biasa rata-rata hanya 20 sampai 30 bungkus, untuk hari libur akhir pekan rata-rata 50 sampai 60 bungkus. Saat libur lebaran bisa mencapai 150 bungkus,” ujar pemilik toko oleh-oleh, Agus Lambang Kristianto di Gunung Kidul, seperti dilansir Antara.

Tiwul manis yang tadinya hanya tersedia dalam rasa gula jawa pun dibuat dengan berbagai rasa yang berbeda dan lebih menarik, seperti rasa keju, nangka, pandan, hingga tiwul rasa cokelat. Pengunjung juga banyak yang membeli tiwul instan yang dapat dibuat sendiri di rumah ketika kembali ke tempat asalnya. “Selain wisatawan, pemudik juga ingin bernostalgia dengan makanan tradisional seperti tiwul dan gatot,” terangnya.

Sementara itu, pemilik Tiwul Yu Tum Slamet Riyadi menuturkan jika selama Lebaran 2019 lalu peningkatan penjualan tiwul mencapai 75% dibanding hari biasa. Slamet mengatakan, pemudik paling banyak membeli gatot dan tiwul. “Tahun lalu (2018) kami dapat sekitar Rp20 juta tapi perlu waktu tiga atau empat hari,” bebernya.

Bagi yang tertarik mencoba tiwul instan Yu Tum bisa langsung mengunjungi warung Yu Tum di Gunung Kidul sana. Saat ini juga sudah banyak orang yang menjualnya secara online. Namun harga tiwul instan Yu Tum di beberapa e-commerce lebih mahal, berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp35 ribuan.

Loading...