Dipercaya Lebih Awet & Tahan Lama, Segini Harga Timbangan Kodok 10kg

  • Whatsapp
Timbangan Kodok 10kg - www.lazada.co.id
Timbangan Kodok 10kg - www.lazada.co.id

Para pedagang di pasar tradisional umumnya lebih banyak menggunakan timbangan kodok atau timbangan bebek untuk menimbang barang-barang dagangannya. Dibandingkan timbangan digital, timbangan semacam ini dipercaya lebih awet dan tahan lama, selain itu juga tidak membutuhkan baterai. Di pasaran harga timbangan kodok 10kg dibanderol bermacam-macam, yakni berkisar antara Rp310 ribu sampai Rp400 ribu lebih.

Setiap pembelian timbangan kodok ini biasanya sudah memperoleh 1 set timbangan, lengkap dengan 1 buah anak batu ukuran 1 kg, 500 gram (1/2 kg), 200 gram (2 ons), 100 gram (1 ons), dan 50 gr (1/2 ons). Timbangan kodok mampu menimbang hingga 10kg. “Cocok sekali untuk dipakai berdagang karena akurat. Cocok untuk digunakan menimbang, telur, buahan-buahan, sayuran, terigu, dan lain-lain. Awet dan tahan lama,” kata salah satu penjual timbangan.

Bacaan Lainnya

Bodi timbangan terbuat dari bahan besi cor berkualitas, sedangkan mangkuk timbangan terbuat dari aluminium cor. Dulunya, timbangan kodok semacam ini menggunakan mangkok timbangan berbahan kuningan. Sayangnya, karena material kuningan cukup mahal, maka sebagian pengrajin timbangan kini menggunakan bahan aluminium yang lebih murah.

Salah seorang pengguna timbangan manual di Kapanewon Patuk, Gunungkidul, Yasimo mengaku lebih nyaman menggunakan timbangan kodok (ada yang menyebutnya timbangan jago). Timbangan duduk di toko kelontongnya ini biasa dipakai untuk mengukur berat bahan makanan, rempah, buah-buahan, atau lainnya.

“Menggunakan timbangan kodok, menurut saya pribadi, akurasinya lebih bisa dipercaya. Alat ini juga memudahkan untuk menimbang bahan bangunan seperti paku. Di kampung biasanya beli eceran,” jelas Yasimo, seperti dilansir Jawapos.

Lantas, apakah hasil pengukuran berat dengan timbangan kodok cukup akurat? Menurut Yasimo, yang penting hasil timbangan tidak merugikan, baik bagi pembeli maupun dirinya sebagai pedagang. “Jika hasil timbangan tidak tepat, saya sebagai pedagang juga rugi sendiri. Tapi terus terang, saya masih nyaman menggunakan timbangan manual kodok. Mungkin karena terbiasa ya,” katanya.

Produk timbangan kodok 10kg bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko timbangan terdekat. Selain itu, kini juga sudah banyak pedagang yang memasarkan timbangan kodok 10 kg secara online di sejumlah marketplace.

Pos terkait