Kerap Dipakai untuk Laboratorium, Harga Timbangan Analitik Digital Berkisar Jutaan Rupiah

Timbangan Analitik Digital - www.mt.comTimbangan Analitik Digital - www.mt.com

Dalam laboratorium dibutuhkan berbagai alat yang berkualitas untuk menghasilkan pengukuran atau penelitian yang presisi, tak terkecuali dengan timbangan. Saat ini lebih banyak orang yang beralih menggunakan timbangan digital karena tingkat kesalahan pengukurannya relatif lebih rendah. Berbeda dari timbangan pada umumnya, untuk keperluan laboratorium biasanya menggunakan timbangan analitik.

“Timbangan analitik adalah timbangan yang digunakan untuk mengukur suatu zat yang memiliki yang begitu kecil,” kata salah satu timbangan analitik digital. Timbangan analitik sendiri dapat membaca satuan berat sampai yang sangat kecil lantaran timbangan ini biasanya memakai sensor laser untuk mengukur berat suatu zat.

Angka yang dapat dibaca oleh timbangan analitik biasanya dapat mencapai 4 angka di belakang koma dalam satuan (unit) gram, yaitu 0,0001 g atau 0,1 mg. Selain dapat memenuhi para peneliti untuk meneliti maupun menganalisis massa suatu zat, timbangan analitik untuk laboratorium ini pun dilengkapi dengan digital yang bisa memberikan akurasi pengukuran tinggi.

Biasanya sebagian besar timbangan digital untuk laboratorium dilengkapi dengan fitur tambahan berupa pelindung kaca yang mirip seperti sebuah ruangan kecil. Pelindung kaca itu berfungsi untuk menjaga supaya angin tidak mengganggu proses penelitian atau mempengaruhi akurasi dari hasil pengukuran berat suatu zat. Namun ada juga beberapa timbangan digital untuk laboratorium yang tak dilengkapi kaca.

timbangan digital untuk laboratorium di pasaran memang cukup mahal. Biasanya dibanderol pada kisaran jutaan hingga puluhan juta rupiah. Misalnya saja untuk timbangan lab digital ketelitian 0.1g ACIS AD-3000i harganya Rp2,35 juta, lalu ada timbangan digital laboratorium merk OHAUS tipe PX 224 seharga Rp22,2 juta, timbangan digital analitik Matrix AJ1002B Rp3,5 juta, Sartorius Entris124-1S Rp24 juta, Fujitsu Rp9,4 jutaan, dan masih banyak lagi.

timbangan digital untuk laboratorium biasanya dijual di toko-toko alat kesehatan atau toko perlengkapan laboratorium. Selain dijual secara offline, saat ini juga sudah banyak pedagang yang memperjual-belikan timbangan digital analitik untuk laboratorium secara online di situs-situs e-commerce dengan harga yang variatif.

Loading...