Harga Tiket Terjangkau, Bus Damri Rute Palembang-Jakarta Banjir Penumpang Saat Musim Lebaran

Harga, tiket, bus, damri, palembang, jakarta, rute, penumpang, trayek, musim, lebaran, tarif, batas, bawah, normal, operator, negara, muaraenim, antar, provinsi, swasta,Armada Bus Damri di terminal

Selain dengan menggunakan mobil pribadi atau kereta, untuk berkunjung ke luar kota umumnya orang memilih untuk menggunakan sarana . Sama seperti alat lainnya, juga menyediakan pilihan kelas, mulai dari , eksekutif, hingga premium.

Menjelang Ramadan, Perum Damri, operator bus milik negara, akan menambah trayek atau rute baru di beberapa daerah. Dalam waktu dekat Perum Damri akan membuka trayek baru Muaraenim – Palembang, dengan fasilitas AC dan terjangkau.

Menurut Kadishub Muaraenim Riswandar didampingi Sekretaris Muaraenim Akmaludin, bahwa pembukaan trayek baru ke Muaraenim-Palembang ini menindaklanjuti surat Bupati Muaraenim Nomor 55.11/1061/Dishub/2018 tanggal 16 April 2018, perihal usulan perpanjangan lintasan trayek AKDP bus Damri dari Palembang-Muaraenim PP.

Pembukaan trayek Damri tersebut tentu sudah melalui beberapa pertimbangan seperti untuk memenuhi kebutuhan umum bagi masyarakat Muaraenim, karena Perusahaan Organda (PO) yang ada di Muaraenim saat ini, mayoritas sudah tidak layak jalan lagi, sehingga perlu dilakukan peremajaan.

Selain itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan berpergian ke Palembang maupun sebaliknya dari Palembang ke Muaraenim. Karena dengan armada bus Damri tersebut, kondisinya cukup baru sehingga akan lebih menjamin kenyamanan bagi penumpangnya. “Nanti bus Damri tersebut akan mangkal di samping Kodim 0404 Muaraenim,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, launching perdana trayek baru bus Damri itu segera akan diupayakan sebelum memasuki bulan suci Ramadan yang akan dilakukan oleh bupati Muaraenim langsung. Untuk tahap pertama, diperkirakan Perum Damri akan menyiapkan dua armada angkutan dengan jadwal waktu keberangkatan akan ditentukan oleh pihak Damri.

“Namun kita berharap jumlah armada bus yang disiapkan minimal empat unit sehingga masyarakat lebih leluasa memilih waktu berpergian. Nanti dua bus di Terminal Muaraenim dan dua bus di Palembang, mereka akan berangkat sekitar dua jam sekali. Kita berharap sebelum puasa sudah beroperasi atau paling lambat sebelum Lebaran, karena armada kita sudah banyak yang tua,” tukasnya.

Salah satu rute bus Damri yang cukup padat penumpang, terlebih pada saat musim Lebaran adalah Palembang – . Tahun lalu, Damri menetapkan tarif batas bawah per penumpang sebesar Rp320.000 untuk rute Palembang- hingga H+11 Lebaran. “Tarif normal Palembang- Rp220.000, namun naik menjadi Rp320.000. Harga berlaku untuk rute sebaliknya,” kata Agus Prasetya, petugas Kantor Cabang Perum Damri Palembang.

Ia menambahkan, Damri memberlakukan tarif batas bawah mengingat perusahaan milik negara tidak boleh terlalu membebani masyarakat. Sebaliknya, Agus menyebutkan operator bus swasta membanderol rute Palembang-Jakarta dengan tarif batas atas Rp450.000 per penumpang selama musim Lebaran.

Meskipun harga karcis naik, penumpang Palembang-Jakarta pada arus mudik dan balik tahun ini tetap membeludak. Alhasil, Damri pun mengoperasikan 12 armada atau bertambah empat armada dibandingkan dengan hari biasa. Setiap bus juga selalu penuh dengan penumpang dari keterisian normal yang hanya 80%.

Kantor Cabang Damri Palembang melayani angkutan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP). Rute Palembang-Jakarta merupakan transit untuk penumpang tujuan akhir di Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Cilacap, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya. Sementara untuk trayek AKDP, Damri melayani kota-kota di Sumatra Selatan seperti Prabumulih dan Kayuagung.

Loading...