Ingin Naik Pesawat Bareng Anak? Segini Harga Tiket Pesawat untuk Anak Umur 2 Tahun

Naik Pesawat Bareng Anak - www.tripsavvy.comNaik Pesawat Bareng Anak - www.tripsavvy.com

Para orang tua yang ingin bepergian naik mungkin akan merasa resah saat hendak membawa mereka. Ada beberapa hal yang bisa saja belum diketahui sebagian orang tua, khususnya yang belum memiliki pengalaman bepergian dengan buah hatinya, mulai dari dokumen yang dibutuhkan untuk naik pesawat, pesawat untuk umur 2 tahun, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa setiap memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait tiket pesawat untuk anak usia 2 tahun. “Anak-anak dalam kategori Pesawat adalah yang berusia 2 tahun sampai dengan 12 tahun. Beberapa maskapai memiliki harga untuk anak-anak dan beberapa maskapai tidak memiliki harga alias harga tiketnya sama dengan orang dewasa,” kata pilot di maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Rizka Triansyah Leihitu, seperti dilansir Okezone.

Adapun untuk maskapai Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Malindo, Batik Air), anak berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) dikenai harga tiket sekitar 20% dari tarif dewasa. Kemudian untuk Sriwijaya Air dan NAM Air harga tiket pesawat untuk anak umur 2 tahun sekitar 10% dari tiket dewasa, Garuda Indonesia dan Citilink 20% dari tarif tiket orang dewasa, AirAsia tarifnya Rp150 ribu, TigerAir Mandala juga mematok harga tiket untuk anak Rp150 ribu, dan Jetstar menggratiskan tiket pesawat untuk anak berusia kuran dari 2 tahun asalkan tidak duduk di kursi sendiri.

Selain tiket, ada juga peraturan di mana seorang anak harus didampingi oleh orang tua. Jadi apabila penumpang umurnya di bawah 7 tahun, maka ia harus terbang bersama orang tuanya. “Walaupun kita merasa anaknya masih kecil dan bisa dipangku, si anak 2 tahun ke atas tetap harus membeli tiket anak dan mendapatkan kursi sendiri. Kemudian anak berusia di bawah tujuh tahun harus didampingi oleh orang dewasa, sementara anak di atas tujuh tahun boleh ikut dalam penerbangan tanpa didampingi orang dewasa,” ungkapnya.

“Anak berusia lebih dari tujuh tahun bisa terbang dengan orang tuanya sudah menandatangani surat pernyataan yang diberikan maskapai dan di tempat tujuan sudah ada yang menjemput dengan identitas yang sudah diberikan orang tua. Ini disebut UNACCOMPANIED MINOR dan akan diberikan tulisan serta dikalungkan pada anak tersebut,” tutup Rizka.

Loading...