Harga Tiket Masuk Rp4 Ribu, Museum Satria Mandala Punya Beragam Koleksi Bersejarah

Museum Satria Mandala (sumber: liburanpedia.com)Museum Satria Mandala (sumber: liburanpedia.com)

Sejarah bangsa Indonesia dan perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan mungkin belum semua orang tahu seperti apa persisnya. Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang ingin mengetahui seperti apa sejarah negara ini mungkin bisa berkunjung ke Satria Mandala yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Museum Satria Mandala cukup murah, hanya Rp4 ribuan saja per orang.

Di Museum Satria Mandala yang buka setiap hari (kecuali hari Senin) ini menampilkan seperti apa sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia, berikut dan perang TNI pada zaman dahulu. Dengan demikian masyarakat bisa mengetahui langsung bagaimana gambaran perjuangan TNI dalam merebut dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menariknya, khusus untuk dari kalangan pelajar atau mahasiswa hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp2.500 saja per orang. Khusus, setiap HUT TNI 5 Oktober, Hari Pahlawan 10 November, dan Hari Museum 12 Oktober, masyarakat dibebaskan masuk dalam Museum Satria Mandala secara gratis atau tanpa membayar tiket masuk

Museum seluas 56.670 meter persegi ini buka sejak pukul 09.00 WIB sampai jam 15.00. Sejarah perjuangan TNI sendiri disajikan dalam bentuk diorama tiga dimensi. Selain 74 diorama, ada juga benda-benda bersejarah yang dipamerkan seperti , atribut, berbagai panji dan lambang di lingkungan TNI. Sementara itu, perlengkapan TNI yang lain seperti kendaraan tempur, pesawat, dan meriam diletakkan di halaman museum.

Tersedia pula ruang yang didedikasikan untuk panglima angkatan perang pertama, Jenderal Sudirman. Menurut pemandu museum, I Wayan Agus, yang menjadi keunikan dari Museum Satria Mandala adalah keaslian koleksi yang dipamerkan. “Misalnya dalam ruangan Jenderal Sudirman ini ada tandu asli yang digunakan Jenderal Sudirman bergerilya melawan Agresi II Belanda, tandu ini juga digunakan saat membawa Jenderal Sudirman ketika sakit,” paparnya, seperti dilansir Republika.

Area Museum Satria Mandala juga sudah dilengkapi penunjang seperti musala, toilet, toko souvenir, hingga sejumlah warung dan penjual makanan. Meski sudah berusia lebih dari 40 tahun, Museum Satria Mandala sampai saat ini masih terawat dan menjadi wisata sejarah favorit di Ibukota.

Loading...