Harga Tiket Cuma Rp 36 Ribuan, Zoo Kemaman Bisa Jadi Alternatif Tempat Wisata Murah di Malaysia

Pintu masuk Taman Rekreasi Zoo Kemaman - www.zookemaman.my

Taman Rekreasi dan Zoo Kemaman termasuk salah satu objek wisata meriah yang patut untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Negeri Jiran . Zoo Kemaman berlokasi di Majlis Perbandaran Kemaman, 24000 Kemaman, Terengganu Darul Iman. Untuk menuju Zoo Kemaman bisa ditempuh lewat perjalanan dari Chukai maupun Kuantan, Pahang. Dibanding objek wisata lainnya, masuk Zoo Kemaman bisa dibilang terjangkau.

Kebun binatang yang buka setiap hari mulai jam 09.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat ini membanderol untuk dewasa dengan sebesar RM 10 atau sekitar Rp 36 ribuan jika dirupiahkan, kemudian untuk anak-anak berusia 5-12 tahun biaya tiket masuknya RM 7 (Rp 25 ribuan), tiket rombongan (minimal 20 orang) sebesar RM 5 (Rp 18 ribuan), sedangkan untuk balita usia 4 tahun ke bawah tidak dikenai tiket masuk alias gratis.

Selain menyuguhkan pemandangan satwa-satwa liar, di Zoo Kemaman juga tersedia kolam renang yang dapat dicoba oleh pengunjung umum dengan harga tiket cukup murah hanya RM 5 (Rp 18 ribuan) saja. Jadwal operasional kolam renang di sana juga sama seperti jadwal operasional kebun binatang, yakni mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat.

Salah satu atraksi menarik di Zoo Kemaman yang tak boleh dilewatkan adalah pertunjukan kunang-kunang alias fireflies pada malam hari. Bagi wisatawan asal Indonesia yang ingin melihat langsung seperti apa Firefly Show di Zoo Kemaman, maka siapkan biaya sebesar RM 25 atau sekitar Rp 90 ribuan untuk dewasa atau RM 15 (Rp 54 ribuan) untuk anak-anak. Pertunjukan ini dilaksanakan setiap hari dari pukul 20.00 hingga 22.00 dengan durasi yang cukup singkat, hanya 30 menit.

Tak hanya Fireflies, masih banyak atraksi menarik lainnya di Zoo Kemaman seperti zona Herbs Garden, Local Fruits, Water Theme Park, Playground, Orchid Garden, Horse-Drawn Carriage, Hanging Bridge, dan atraksi malam seperti River Cruise. Sayangnya beredar isu yang menyebutkan bahwa pihak pengelola Zoo Kemaman kerap menyiksa satwa-satwa liar yang berada di sana.

Meski demikian tuduhan tersebut dibantah langsung oleh pihak Dinas Kehutanan dan Taman Nasional (Perhilitan) di Malaysia. Menurut Direktur Jenderal Datuk Abdul Kadir Abu Hasim, tersebut murni kesalahpahaman dan tak mencerminkan situasi sebenarnya di kebun binatang. “Sangat penting bahwa mereka yang menyebarkan foto satwa liar di kebun binatang harus terlebih dahulu memeriksa dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa tersebut akurat dan valid,” ujarnya, seperti dilansir Bernama.

Sebagai informasi, sebelumnya beredar foto yang memperlihatkan bahwa seekor orangutan dikurung dalam kandang dan seekor anak gajah dirantai di sebuah pohon. Namun berdasarkan hasil penyelidikan rupanya satwa-satwa tersebut berada dalam keadaan sehat dan hanya dikurung untuk sementara karena keperluan perbaikan di kandang yang baru.

Loading...