Harga Terjangkau, Kismis di Tanah Abang Jadi Buruan Oleh-Oleh Haji

Harga Kismis - www.moeslimchoice.comHarga Kismis - www.moeslimchoice.com

Tanah Abang memang termasuk salah satu surganya belanja di Ibukota . Para jemaah atau umrah yang baru saja kembali dari Tanah Suci biasanya akan berbondong-bondong berburu oleh-oleh di Pasar Tanah Abang. Maklum saja, adanya batasan barang bawaan dari pihak bandara akhirnya membuat para jemaah kesulitan untuk membeli oleh-oleh dalam jumlah besar dari Tanah Suci. Alhasil mereka mencari alternatif dengan berburu oleh-oleh di Tanah Abang.

Di pasar yang terletak di Jakarta Pusat dan merupakan pasar terbesar di ini ternyata oleh-oleh khas haji seperti kismis, kurma, kacang Arab, coklat Arab, dan sebagainya bisa dibeli dengan yang cukup murah. Oleh-oleh haji tersebar di berbagai blok seperti blok A, B, dan F. Pembeli yang mencari oleh-oleh haji pun berasal dari berbagai wilayah.

“Pembeli yang datang ada dari luar daerah. Ada yang dari Sumatera. Kebanyakan dari Jakarta dan sekitar, seperti Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang. Di daerahnya terkadang jarang sedangkan di sini lengkap, banyak , dan harganya terjangkau. Pembeli bisa sekalian belanja yang lain,” ujar Abdul Wahid, pemilik salah satu Toko di Blok F, seperti dilansir Republika.

Namun Wahid menjelaskan jika harga barang-barang biasanya naik jika jumlah permintaan meningkat di tengah ketersediaan yang menipis. Meskipun harga naik, menurut Wahid harga barang-barang tersebut masih tergolong terjangkau untuk para konsumen. Bahkan kabarnya harga oleh-oleh khas haji di Pasar Tanah Abang dengan di Mekah hampir sama. “Kurma Nabi disana sekilo bisa mencapai antara 60 sampai 100 riyal per kilonya. Sedang di sini kurang lebihnya harganya 350 sampai 500 ribu per kilonya,” ungkap Wahid.

Selain kurma, para pembeli juga menyukai oleh-oleh seperti air Zamzam, kismis, dan juga kacang Arab. Adapun harga kismis di Tanah Abang sangat variatif, berkisar antara Rp 70 ribuan hingga Rp 75 ribu per kilogram (kg). Kismis tersebut jenisnya ada bermacam-macam, mulai dari yang rasanya kecut atau asam, kismis manis, hingga kismis yang berukuran jumbo dengan harga mencapai Rp 135 ribuan per 1 kilo. Wahid mengaku mendatangkan barang dagangan dari China, Arab, Yaman, Pakistan, dan India. Tokonya sendiri biasanya sudah ramai didatangi pembeli ketika menjelang Hari Raya Kurban.

Loading...