Harga Terjangkau, Grinder Kopi Latina Termasuk Merek Favorit di Indonesia

Grinder Kopi Latina - www.elevenia.co.idGrinder Kopi Latina - www.elevenia.co.id

Membuka atau kedai kopi saat ini dinilai cukup menguntungkan. Modalnya pun sebenarnya bisa disesuaikan dan secara umum tidak membutuhkan dana yang terlalu besar apabila sang mau lebih cermat dalam memulai bisnis ini.

itu kan tergantung. Kalau bisnis kopi itu sebenarnya modalnya cuma 2, kopi dan air (panas) saja. Kalau mau pakai racik manual yang sederhana, asal sudah ada tempatnya Rp 1 juta pun cukup untuk beli alatnya dan bahan baku,” kata Owner Kiwari Coffee Bandung, Irfan Rahadian Sudiyana, seperti dilansir Detik.

Tetapi jika ingin merintis bisnis kopi dengan peralatan yang lebih lengkap, setidaknya butuh sekitar Rp 5 juta, belum termasuk sewa tempat. Alat-alat tersebut meliputi grinder, mesin penyeduh kopi otomatis, saringan, dan sebagainya. “Kalau mau lengkap untuk alat-alatnya minimal Rp 5 juta. Kalau mau lebih lengkap lagi Rp 10 juta untuk modal, itu sudah lengkap sekali,” sambungnya.

Alat penggiling kopi atau grinder ada banyak dan jenisnya. Secara umum, grinder terbagi menjadi 2 macam, yakni grinder manual dan listrik (otomatis). Salah satu merk grinder kopi yang cukup populer adalah Latina. Latina atau Feima Coffee Grinder 600N dengan kisaran Rp 1,99 juta hingga Rp 2,2 jutaan di pasaran.

“FEIMA coffee grinder 600N merupakan mesin penggiling kopi keluaran Taiwan yang diproduksi di bawah bendera Yang Chia Machine Works. Di Indonesia sendiri grinder kopi Feima ini lebih dikenal dengan nama Latina dan terutama untuk 600N, grinder ini termasuk salah satu favorit. Selain karena beratnya yang hanya 3,77 kg – cukup ringan di kelas grinder kopi, harganya juga ramah di kantong,” demikian seperti dilansir Ottencoffee.

Feima 600 N adalah grinder kopi untuk skala kecil, namun tenaganya cukup mumpuni. Mesin penggiling kopi ini hanya membutuhkan daya listrik yang kecil, kurang dari 150 watt, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Fitur grinder kopi Latina ini antara lain memiliki kapasitas funnel 250 gram, kecepatan grinding rata-rata 20 kg per jam dengan level coarse dan 5 kg per jam dengan level halus.

Selain seri 600N, ada pula seri Feima 500N seharga Rp 4,9 jutaan, Feima 900N Electric Coffee Grinder Rp 8,1 juta, Feima 206N Rp 9,2 juta, Feima 610N Rp 2,8 juta, hingga yang seri manual seperti Latina Sumba yang hanya dibanderol dengan harga Rp 172 ribuan saja.

Loading...