Kerap Dipakai untuk Bakso dan Aneka Makanan, Harga Tepung Sagu Aren Cuma Ribuan Rupiah

Tepung Sagu Aren - hearttohearthcookery.wordpress.comTepung Sagu Aren - hearttohearthcookery.wordpress.com

yang ada di dunia memang sangat beragam. Tak terbatas pada terigu saja, ada pula jenis tepung sagu aren yang mungkin sudah tidak asing di telinga para penggemar . Tepung yang terbuat dari batang pohon aren ini dengan cukup murah di pasaran.

“Tepung ini banyak digunakan untuk campuran pembuatan , seperti soun, campuran bakso, dan roti,” demikian seperti dilansir dari Kompas. Tepung sagu aren banyak diminati sebagai salah satu sumber pangan alternatif selain dari baku lokal seperti jagung dan singkong.

Seperti dipaparkan sebelumnya, bahan baku tepung aren berasal dari batang aren (Arenga pinnata), yang ditebang setelah berumur kira-kira 15 tahun, yakni sebelum atau pada saat pohon aren tersebut berbunga untuk pertama kalinya.

Walaupun disebut tepung sagu aren, rupanya tepung satu ini tak ada hubungannya dengan sagu. Pohon aren sendiri memang dikenal sebagai tumbuhan yang serbaguna. Selain bisa diolah menjadi tepung, aren atau pohon enau juga dapat menghasilkan gula merah hingga kolang-kaling.

Kabarnya, tepung sagu aren jauh lebih mudah ditemukan di Pulau Jawa dibandingkan dengan tepung sagu. Tepung sagu aren kerap dipakai untuk menggantikan fungsi tepung sagu. Pasalnya, tepung aren juga sama seperti tepung sagu yang bisa menghasilkan tekstur kenyal pada makanan. Oleh sebab itu, satu ini kerap dinamakan tepung sagu aren. Sayangnya, produksi olahan aren kini mulai dibatasi lantaran jumlah populasi pohon aren yang sudah semakin terbatas.

Tepung sagu aren biasanya dijual dalam berbagai pilihan ukuran kemasan, mulai dari 1/2 kilo (500 gram), 1 kilogram, hingga 1 sak/karung isi 50 kg tepung aren. Adapun harga tepung sagu aren murni kemasan 500 gr merek Kunci Kembar Rp5.700, kemudian Cap Bakso Super Rp11.900, merk Sakti Rp7.300 per bungkus, Cap Daun Aren Rp9.000, merek Pondok Daun 500 g Rp21.000, dan merek ABI Rp7.200.

Kemudian harga tepung sagu aren 1 kg berkisar mulai Rp9.000 hingga Rp26 ribuan. Sedangkan tepung sagu aren sekarung isi 50 kg harganya berkisar antara Rp375 ribu sampai Rp400 ribuan lebih, tergantung di toko mana membelinya.

Loading...