Harga per Kg Terjangkau, Tepung Jagung Punya Banyak Kegunaan

Tepung Jagung - www.alibaba.comTepung Jagung - www.alibaba.com

Tepung untuk memasak atau membuat kue memang sangat banyak jenisnya. Tak jarang jika sebagian orang pun bingung menentukan tepung mana yang hendak digunakan. paling adalah membedakan antara tepung dan tepung Maizena. Kedua tepung ini sama-sama terbuat dari , namun sebenarnya berbeda, baik dari segi , harga, dan juga tampilan. Tak heran jika beberapa orang mungkin kebingungan untuk membedakannya.

Tepung maizena atau yang memiliki nama lain corn starch ciri utamanya adalah berwarna putih, mempunyai tekstur yang halus, dan biasanya lebih cocok dipakai sebagai campuran adonan kue, cookies, gorengan, pengental sup, saus, dan sebagainya. Sedangkan tepung jagung atau yang juga kerap disebut tepung polenta (colenta meal) tampilannya berwarna kuning dan memiliki tekstur yang cenderung lebih kasar. Tepung jagung lebih cocok untuk membuat bubur, puding, biskuit cake, hingga campuran schotel.

Perbedaan lainnya adalah dari segi . Tepung Maizena dibuat dari jagung yang digiling hingga jadi tepung, lalu diambil sari patinya dan diproses dengan cara direndam dan melalui proses fermentasi. Saripati yang dihasilkan itulah yang kemudian disebut tepung Maizena. Sementara itu, tepung jagung dibuat dari jagung putih kering yang digiling atau ditumbuk hingga berbentuk butiran seperti pasir.

“Di Indonesia, tepung jagung juga sering disebut dengan Maizena. Padahal Maizena sendiri sebenarnya merupakan sebuah tepung jagung yang berasal dari Meksiko,” demikian seperti dilansir Ramesia. Apabila dibandingkan dengan terigu, tepung ini kabarnya lebih bebas gluten dan juga kaya akan nutrisi, seperti protein, kalsium, zat, besi, dan fosfor.

Di pasaran harga tepung jagung per kg cukup bervariasi, tergantung merek dan ukurannya. Sebagai contoh, untuk corn starch merek Maizenaku per 1 kilo dengan harga Rp16 ribu, lalu tepung jagung murni kemasan 500 gram harganya Rp12 ribu, kemudian ada juga tepung Maizena 150 gram seharga Rp5.500 per box, atau tepung Maizenaku 300 gr seharga Rp8.000. Harga yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran penjual.

Loading...