Manfaatnya Beragam, Harga Tepung Cacing per Kg Bisa Sampai Ratusan Ribu Rupiah

Tepung Cacing - @Raja Cacing LumbricusTepung Cacing - @Raja Cacing Lumbricus

Bagi sebagian orang, cacing seperti cacing tanah mungkin adalah binatang yang menjijikkan. Tapi siapa sangka, binatang satu ini punya yang beragam. Mulai dari digunakan untuk pakan hewan , pupuk, dikeringkan sebagai obat, hingga diolah menjadi tepung cacing. Apabila sudah diolah sedemikian rupa menjadi tepung atau serbuk cacing, ternyata jual per kg bisa bernilai cukup tinggi.

Berdasarkan penelusuran di sejumlah e-commerce, harga tepung cacing per 1 kilogram berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp400 ribuan. Luar biasa sekali bukan? Cacing yang biasa digunakan sebagai tepung adalah jenis Lumbricus rubellus. Cacing jenis ini kabarnya mempunyai kadar lebih dari 75%, melampaui kadar pada mamalia seperti yang hanya 65% dan ikan sebesar 50%.

Cacing tanah dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti berguna untuk penyembuhan sakit tifus, antipiretik (penurun demam), hingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Menurut pembudidaya cacing tanah, Deden Sabarudin asal Cimahi, Jawa Barat, cacing satu ini juga mempunyai harga jual cukup mahal di pasaran. Cacing lumbricus biasanya dijual mulai Rp60 ribuan per kilo.

Lewat usaha budidaya cacing tanah dan pengolahan tepung cacing murni, Deden mengaku dapat meraup omzet hingga ratusan juta per bulan dengan keuntungan bersih sekitar 30% dari omzet yang diraihnya. “Saya beternak cacing karena ketidaksengajaan,” ujar pria yang telah membudidayakan cacing lumbricus sejak bertahun-tahun silam, seperti dilansir Kontan.

Budidaya cacing tanah Deden ini kabarnya sudah dipasarkan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan juga telah diekspor hingga ke negara seperti Malaysia maupun Korea Selatan. Sebagian besar konsumen cacing tanah itu memanfaatkan budidayanya untuk pakan ternak, penyubur dan penggembur tanah, maupun untuk produksi obat herbal.

Tak hanya Deden, pembudidaya cacing tanah asal Klaten, Jawa Tengah, Fajar Ramadhani juga mengakui bahwa budidaya cacing lumbricus sangat menguntungkan. “Saya tertarik menekuni usaha ini karena melihat tingginya permintaan di pasaran,” kata Fajar. Omzet yang diraih Fajar sudah mencapai jutaan rupiah per bulan.

Loading...