Terhantam Corona, Harga Telur Puyuh per Kg Saat Ini Turun

Harga Telur Puyuh - www.pikiran-rakyat.comHarga Telur Puyuh - www.pikiran-rakyat.com

puyuh memiliki kandungan gizi yang tak kalah baik dari ayam. Harga puyuh per kg pun relatif murah. Sayangnya, di tengah kondisi pandemi (Covid-19) yang menyerang saat ini, banyak telur puyuh yang merugi dan bahkan terancam gulung tikar karena tak dapat mengirim pasokan telur puyuh ke luar .

Menurut salah seorang peternak telur puyuh di Kecamatan Ngasem, Kediri bernama Yazid Bustomi menjelaskan, sebelumnya ia biasa mengirim hasil ternaknya ke sejumlah daerah seperti Jakarta, Bandung, Bekasi. Namun kini ia tak bisa mengirim telur puyuh ke beberapa daerah karena ada pembatasan yang diterapkan oleh .

“Biasanya kami mengirimkan ini ke luar kota. Karena daerah tersebut saat ini tidak menerima pasokan dari luar kota akhirnya stok kami menumpuk,” ungkap Yazid, Kamis (9/4/2020), seperti dilansir Faktualnews.

Yazid akhirnya bingung bagaimana menjual hasil panen tersebut. Alhasil, dia memilih memasarkannya ke walaupun hasil yang diperoleh tak sebaik di luar kota. “Kami peternak kebingungan menjual telur puyuh, karena di daerah lain banyak yang sudah menutup diri. Dan kami juga berusaha mencari pangsa agar bisa bertahan di saat seperti ini,” bebernya.

Lantaran terdapat penumpukan hasil panen, peternak pun terpaksa menurunkan harga pasar. Pasalnya, bila lama dibiarkan dalam gudang maka telur puyuh akan membusuk dan mereka rugi lebih besar. “Saat ini harga telur puyuh per kilonya hanya Rp18 ribu hingga Rp20 ribu saja. Padahal sebelum wabah Covid-19 masuk di Indonesia, harganya mencapai Rp25 ribu per kilo-nya,” tuturnya.

Di daerahnya pun untuk menjual telur puyuh agak sulit karena peminatnya sedikit. “Peminatnya juga turun, untuk peminat telur ini itu kan antara usia TK hingga mahasiswa. Sedangkan sekolah hingga perguruan tinggi saat ini kan libur semua. Karena pasokannya menumpuk disini akhirnya harga anjlok,” terang Yazid.

Sementara itu, di sejumlah situs jual-beli online harga telur puyuh per kg saat ini masih lebih mahal dibanding harga telur puyuh di peternak. Telur puyuh mentah per 1 kilogram dijual oleh pedagang online dengan harga berkisar antara Rp26 ribu hingga Rp34 ribuan dengan isi mencapai 90 butir.

Loading...