Termasuk Jajanan Favorit Lebaran, Harga Telur Gabus per Kilo Dibanderol Terjangkau

Harga Telur Gabus - craftlog.comHarga Telur Gabus - craftlog.com

Jajanan gabus memang cukup disukai oleh . Terbukti, snack satu ini biasanya banyak diburu ketika menjelang Lebaran atau perayaan tertentu. Rasanya yang asin dan gurih membuat siapa saja jatuh cinta dengan cemilan gabus. Biasanya gabus dijual dalam wujud asin gurih karena dikombinasikan dengan keju, ada pula yang ditambahi wijen, gula, atau sebagainya. Telor gabus ini kerap dijual per gram, per toples, atau bahkan per kilo dengan yang relatif terjangkau.

Di harga stik telur gabus per kilo berkisar mulai dari Rp52 ribu untuk yang keju, kemudian yang rasa manis dijual seharga Rp63 ribu per 1 kilogram (kg). Jangan salah, harga jajanan yang juga kerap disebut ‘kue daki’ ini di sejumlah toko snack bahkan bisa mencapai lebih dari Rp100 ribuan.

Meski terlihat sepele, bisnis berjualan telur gabus rupanya di daerah seperti Kampung Manco, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Sumedang bisa sampai skala besar atau berupa . Di kampung tersebut kabarnya terdapat 14 rumahan yang memproduksi telur gabus.

“Setelah membereskan pekerjaan kami ke pabrik untuk mencetak telur gabus. Upahnya lumayan untuk membantu ekonomi keluarga,” jelas Wawat, salah satu pekerja di pabrik telur gabus Dua Saudara, seperti dilansir Tribunnews.

Para pekerja itu biasanya bekerja sejak pukul 09.00 WIB hingga jam 15.00. Mereka membuat telur gabus secara manual dengan tangan. Upah yang didapatkan sekitar Rp20 ribu, sedangkan untuk pekerja lelaki diberi upah Rp50 ribu karena mereka juga membuat olahannya. “Awalnya hanya ada dua pabrik tapi sekarang tumbuh menjadi 14 pabrik. Cemilan ini dijual ke Bandung, Bogor, Bekasi sampai Jakarta,” ujar Eman, anak sang pemilik pabrik.

Lebih lanjut Eman menjelaskan jika tiap pabrik biasanya mengolah minimal 1 kuintal tepung tapioka menjadi 70 bal atau kantong besar telur gabus matang atau seberat 2 kg. Saat Hari Raya biasanya permintaan terhadap telur gabus akan mengalami peningkatan. “Kalau saat lebaran dan lebaran haji omzetnya bisa naik tiga kali lipat,” tutup Eman.

Loading...