Mendominasi Pasar Indonesia, Harga Teh Celup Sariwangi 1 Kotak Ramah di Kantong

Menikmati Minuman Teh Hangat - www.click2houston.comMenikmati Minuman Teh Hangat - www.click2houston.com

Sariwangi masih menjadi brand yang mendominasi produk teh celup di Indonesia. Terlebih karena pilihan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari sachet hingga kotak. Selain itu, produk teh celup Sariwangi mudah ditemukan di dengan harga 1 kotak yang cukup ramah di kantong.

Di Indomaret misalnya, Sariwangi teh celup asli per kotak isi 30 teabag x 1,85 gr Rp6.700 saja, kemudian Sariwangi teh celup hijau asli isi 25 kantong per dus Rp11.100, Sariwangi teh melati 25 teabags harganya Rp8.300, Sariwangi teh hitam asli isi 50 harga per kotak dibanderol Rp11.100, dan Sariwangi SariMurni teh celup isi 25 x 1,6 gram harga 1 kotak Rp6.500.

Teh celup menjadi yang telah dikonsumsi sejak lama oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Namun, beberapa waktu lalu muncul kekhawatiran bahwa teh yang dikemas dalam wujud teh celup berisiko bahaya untuk kesehatan karena dapat menjadi racun. Kekhawatiran ini muncul karena bahan teh celup menggunakan kemasan kertas yang dicurigai mengandung klorin atau pemutih pada kantongnya, sehingga sangat berbahaya bila mencelupkan teh terlalu lama dalam air panas.

Namun, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera memberikan klarifikasi bahwa kabar mengenai adanya klorin atau bahan pemutih pada kantong teh celup itu tidak benar. Pasalnya, klorin sama sekali tidak digunakan dalam proses pembuatan kantong teh. BPOM menjelaskan, saat suatu produk teh, pihak BPOM akan mengevaluasi penilaian pangan termasuk keamanan kemasan. Oleh sebab itu, semua produk yang sudah mempunyai izin BPOM dipastikan aman untuk dikonsumsi.

“Kantong teh celup terbuat dari kertas biasanya berupa jenis kraft dilapisi plastik polietilen yang berfungsi dalam perekatan panas. Industri kertas untuk kemasan pangan sudah tidak menggunakan senyawa klorin sebagai pemutih dan syarat ini disertakan pada saat permohonan penilaian keamanan produk. Teh celup yang terdaftar di Badan POM telah melalui evaluasi penilaian keamanan pangan termasuk penilaian keamanan kemasannya (kantong teh celup),” terang BPOM.

Loading...