Tak Kalah Populer dari Aglonema, Ini Deretan Jenis Sansivera dengan Harga Termahal

Sansevieria kirkii silver blue - littlebotany.comSansevieria kirkii silver blue - littlebotany.com

Di masa pandemi (Covid-19) seperti sekarang, berkembang banyak hobi baru di berbagai kalangan masyarakat. Salah satu hobi yang semakin menjamur adalah berkebun atau bercocok tanam. Karena adanya tren tersebut, sejumlah hias seperti sansivera pun harganya melambung. Bahkan ada juga sansivera termahal yang dengan mencapai ratusan juta rupiah, khususnya untuk sansevieria langka. 

Salah seorang tanaman hias, Wahyu Fahrudin asal Tangerang, Banten mengakui jika tanaman hias seperti sansivera kini sedang naik daun. Bahkan sejak pandemi Wahyu dapat menjual hingga 100 pot tumbuhan yang juga kerap dijuluki “lidah mertua” tersebut. Ia menjual lidah mertua dengan harga mulai Rp100 ribu hingga Rp25 juta per pot. “Sebelum pandemi, sekitar 50 hingga 70 buah per bulan,” ungkap Wahyu, seperti dilansir Tribunnews.

Pada tahun 2020, harga sansivera jenis Kirkii Silver Blue kabarnya menembus angka Rp10 juta per daun. Tak hanya apik dijadikan penghias pekarangan atau ruangan, jenis sansivera satu ini konon dapat mengobati diabetes, wasir, sampai kanker ganas.

Kemudian ada juga jenis Sansivera Agave Purposum Varigata yang sudah mengalami mutasi, harganya dapat dibanderol Rp125 juta. Ada pul jenis Sansevieria Bagamoyensia yang berbeda dari jenis sansivera lainnya. Tanaman ini memiliki daun yang kecil dan tipis. Daunnya dapat tumbuh dan memanjang lebih dari 60 cm dan lebar daun hanya sekitar 10 cm. Untuk bibit sansevieria bagamoyensis saja di online dijual seharga Rp75 ribu.

Yang tak kalah menarik adalah Sansevieria Stuckyi. Jenis sansivera yang memiliki daun yang tegak lurus dengan daun bundar dan memanjang ini kabarnya juga mengeluarkan aroma wangi. Bibit Sansevieria Stuckyi per 1 daun saja dijual mencapai Rp100 ribu.

Berikutnya ada jenis Sansevieria Ehrenbergii yang berasal dari Afrika Timur. Jenis Sansevieria Ehrenbergii terlihat menarik karena tampak seperti kipas dan cocok untuk dijadikan tanaman indoor. Selain itu, tanaman sansivera termahal lainnya adalah Sansevieria Eilensis. Tanaman-tanaman sansivera termahal ini biasanya dijual oleh pembudidaya atau toko bibit yang menjual tanaman sansivera.

Loading...