Daunnya Berlubang, Harga Tanaman Hias Janda Bolong Varigata Bisa Tembus Jutaan Rupiah

Janda bolong varigata (sumber: thespruce.com)Janda bolong varigata (sumber: thespruce.com)

Sejak pandemi (Covid-19) melanda, rupanya permintaan masyarakat terhadap berbagai hias melonjak tajam. Bukan hal aneh, pasalnya sebagian besar masyarakat yang terkena dampak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) memutuskan untuk tetap di rumah sembari menyalurkan kepenatannya dengan bercocok tanam atau berkebun. Alhasil beberapa hias seperti jenis aglaonema, anthurium, hingga monstera (janda bolong) varigata naik drastis.

“Enggak cuma monstera, seluruh . Ada yang dulu misal harga Rp12 ribu sekarang jadi Rp100 ribuan,” kata Asoka Remadja, pegiat , seperti dilansir CNN Indonesia.

Tanaman monstera atau janda bolong (jabol) misalnya, saat ini bisa hingga jutaan rupiah di pasaran. Terlebih untuk jenis yang cukup langka seperti janda bolong varigata. Dibandingkan tanaman hias pada umumnya, tanaman monstera begitu diminati karena memiliki yang unik. dari genus monstera ini ada banyak -nya, mulai dari Monstera deliciosa dengan daun lebar dan seperti dipotong-potong atau Monstera adansonii yang mempunyai daun berlubang.

Janda bolong sendiri adalah jenis tanaman hias tropis yang sering digunakan sebagai ruangan bergaya minimalis atau skandinavia lantaran bentuknya yang dinilai estetis. Tanaman mahal ini cara perawatannya juga mudah, cukup disiram 1-2 kali seminggu dan relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Sebagai informasi, harga untuk bonggol stek monstera deliciosa atau janda bolong variegata saja berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp550 ribuan. Sedangkan untuk janda bolong varigata yang sudah tumbuh daun berkisar mulai Rp21 jutaan untuk 1 daun, dan ada juga yang harganya mencapai Rp90 jutaan untuk janda bolong varigata yang tumbuh 4 daun. Luar biasa sekali bukan?

Jika dibandingkan dengan janda bolong biasa, janda bolong varigata dinilai punya keunikan tersendiri. Bukan hanya memiliki daun yang berlubang, tetapi juga ada corak semburat putih seperti efek semprotan cat di daunnya. “Warna putih ini dari variegata-nya. Corak yang banyak dicari itu yang daunnya setengah putih setengah hijau. Kalau umumnya seperti cipratan,” beber Asoka.

Jenis monstera lain yang juga tak kalah laris adalah monstera obliqua dengan harga Rp25-30 jutaan per lembar daun, monstera albo variegata seharga Rp30-50 juta per lembar daun, serta monstera mint dan deliciosa seharga Rp50 jutaan per lembar daun.

Loading...