Sebagai Pengait Hammock, Berapa Harga Tali Webbing?

Harga Tali Webbing - www.lazada.co.idHarga Tali Webbing - www.lazada.co.id

JAKARTA – Hammock merupakan salah satu tempat tidur gantung yang asyik ketika dipasang di halaman rumah untuk bersantai. Namun, sebelum memasang ranjang kain ini, Anda perlu menyiapkan peralatannya terlebih dahulu, salah satunya webbing untuk mengikatkan hammock ke batang . Untungnya, saat ini sudah banyak yang menjual tali ini dan harganya pun sangat terjangkau.

Ketika Anda menjelajah toko outdoor atau jual beli , tidak sulit menemukan tali webbing. Biasanya punya beraneka pilihan , seperti merah, biru, dan kuning, harganya berkisar Rp15 ribuan saja untuk ukuran panjang 5,5 meter. Selain itu, ada yang menjualnya dengan Rp12 ribu sampai Rp13.900 untuk tali webbing Bartex 2 jalur ukuran 2,5 meter, serta Rp2 ribu sampai Rp4 ribuan per meter.

Namun, untuk kualitas yang lebih bagus, harganya memang sedikit mahal. Salah satu pedagang menjual tali strap webbing untuk hammock dengan harga Rp90 ribuan untuk ukuran 4 meter, yang diklaim cocok untuk beban yang berat dan tidak mudah bergeser. Yang lainnya malah menawarkan harga Rp200 ribuan dan terbuat dari high-strength polyester dan mampu menahan berat 250 kg.

“Webbing adalah anyaman kain yang memiliki permukaan rata dengan lebar bervariasi. Pada awalnya, ‘tali tubuh’ ini dibuat dengan bahan katun. Namun, kemudian penggunaan serat sintetis seperti nilon semakin marak,” tulis Vendorpedia, sebuah situs semacam e-commerce. “Warna webbing pun bermacam-macam, mulai dari hitam, cokelat, putih, merah, garis-garis, dan lain sebagainya. “

Webbing saat ini memang jamak digunakan sebagai tali pengait untuk memasang hammock. Namun, untuk ini, webbing sebenarnya tidak terlalu disarankan. Karena, menurut Alex Egas, pria asal Belanda yang telah bergelut di dunia hammock selama 32 tahun, webbing akan mudah sobek dan putus ketika mengalami gesekan dengan tekstur kasar.

“Tali pengait hammock yang direkomendasikan adalah dengan bahan nilon,” katanya seperti dilansir Kompas. “Karena, tali nilon memiliki kekuatan menahan beban hingga 450 kilogram. Selain itu, keunggulan penggunaan tali nilon dibandingkan webbing adalah jika mengalami gesekan dengan benda kasar, masih terdapat ruang di antara serat-serat yang putus.”

Meski tidak terlalu disarankan, nyatanya tali webbing masih diminati sebagai pengait untuk kebutuhan memasang hammock. Tali ini pun menjadi salah satu peralatan wajib untuk kegiatan penyelamatan, yang biasanya dikombinasikan dengan katrol dan tali ikat bantel. Alat dengan nama tripod itu biasa dipakai untuk panjat tebing.

Loading...