Harga Tabung Gas Elpiji Bright Gas 3 Kg dari Pertamina Rp180 Ribuan

Harga, tabung, gas, elpiji, LPG, 3, kilogram, kg, subsidi, non subsidi, Bright Gas, dari, Pertamina, PT Pertamina, perdana, isi, ulang, konsumen, alternatif, agen, SPBU, masyarakat, produk, varian, aman, kebocoran, penjualan, segel, hologram, kualitas, tukar, tambah, pasarTabung gas Bright Gas 3 kg Pertamina (sumber: pertamina.com)

3 kg memang sedianya merupakan barang yang disubsidi oleh negara. Sehingga penggunaannya pun diatur hanya untuk tidak mampu. Maka dari itu PT (Persero) meminta peran aktif untuk mengawasi penggunaan elpiji () bersubsidi 3 kilogram.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati mengatakan keterlibatan pengawasan masyarakat diperlukan menghindari praktik nakal seperti pengoplosan elpiji yang kian marak terjadi. “Dengan adanya penyalahgunaan seperti ini, tentu membuat masyarakat tidak mampu yang seharusnya menerima elpiji 3 kg jadi kesulitan. Di sisi lain, negara juga merugi karena mengeluarkan subsidi,” katanya dilansir Kompas.

Menurut dia, pengoplosan elpiji merupakan tindakan yang sangat berbahaya. “Pembukaan dan penyuntikan secara paksa yang tidak sesuai prosedur aman bisa mengakibatkan adanya insiden. Hal ini sangat berisiko baik untuk pelaku dan pengguna selanjutnya,” katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pertamina mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan adanya tindakan yang dicurigai sebagai penyalahgunaan di sekitarnya. “Dukungan masyarakat yang mewaspadai lingkungan sekitarnya tentu sangat membantu kepolisian dalam menindak para pelaku penyalahgunaan elpiji. Kami pun mengimbau, apabila masyarakat menemukan adanya tindakan yang dicurigai sebagai penyalahgunaan dapat menghubungi contact center kami di 1 500 0000,” sebut dia.

Belum lama ini, PT Pertamina kembali memberikan pilihan varian baru elpiji Bright Gas, untuk kemasan 3 kg. elpiji non subsidi berwarna pink fuschia tersebut mulai dilakukan uji secara terbuka di dua kota yakni dan Surabaya, dengan total 5.000 tabung.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyatakan, varian baru Bright Gas 3 kg mulai diuji pasar di awal Juli 2018. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari uji pasar elpiji 3 kg non subsidi yang telah dilakukan pada November 2017 di Tangerang, Banten. “Produk Bright Gas 3 kg ini memberikan alternatif pilihan bagi LPG non subsidi,” kata Adiatma dilansir Viva.

Selama masa uji pasar secara terbuka ini, isi ulang Bright Gas 3 kg akan dijual seharga Rp39 ribu per tabung di agen elpiji non subsidi belum termasuk ongkos kirim, dan Rp42 ribu per tabung di SPBU Coco. Sedangkan, untuk tabung perdana atau tabung plus isi Bright Gas 3 kg akan dijual di Agen elpiji seharga Rp184 ribu per tabung dan di SPBU Coco seharga Rp187 ribu per tabung.

Pertamina juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan tukar tambah di mana konsumen cukup menukarkan 1 tabung elpiji 3 kg dan membayar Rp81.500 di agen elpiji non subsidi. Dengan begitu, konsumen dapat membawa pulang 1 tabung Bright Gas 3 kg yang siap digunakan. Sedangkan untuk di SPBU cukup menambah sebesar Rp84.500.

Bright Gas 3 kg ini disebut hadir dengan teknologi katup ganda atau double spindle valve system yang lebih aman dalam mencegah kebocoran elpiji. Serta untuk menjaga kualitas dan kuantitas isi tabung, Bright Gas 3 kg juga dilengkapi dengan segel hologram yang tidak dapat dipalsukan. “Jika konsumen menerima tabung dengan kondisi segel rusak, agar segera dikembalikan ke lokasi penjualan. Dengan tabung yang lebih aman dan praktis, Bright Gas 3 kg hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen perkotaan dengan gaya hidup yang lebih dinamis,” katanya.

Loading...