Biaya Isi Ulang Terjangkau, Segini Harga Tabung Gas Elpiji 3 Kg Baru

Tabung gas elpiji 3 kgTabung gas elpiji 3 kg - inspiratormedia.id

Gas 3 kg alias melon pada dasarnya diperuntukkan rakyat miskin. LPG bersubsidi ini rupanya disambut cukup antusias oleh masyarakat karena isi ulang atau refill-nya cukup terjangkau. Sementara itu, untuk gas elpiji 3 kg di dibanderol mulai Rp150 ribuan jika sudah termasuk dengan isi. Tetapi untuk LPG 3 kg tanpa isi (kondisi kosong), harga bekas dipatok antara Rp125 ribu hingga Rp140 ribu per .

Sebelumnya beredar kabar bahwa di pasaran beredar tabung gas LPG 3 kg yang cukup meresahkan masyarakat. Tabung gas elpiji palsu itu kabarnya hanya diisi dengan biasa, sehingga merugikan para konsumen. Ada juga yang mengatakan bahwa tabung gas elpiji 3 kg dengan segel merah adalah barang palsu.

Namun kemudian VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengonfirmasi bahwa tabung gas elpiji 3 kilo pada dasarnya memang berisi zat cair. “Namanya LPG, itu kan liquified memang itu isinya air. Jadi nantinya air akan berubah menjadi gas ketika ada tekanan tertentu,” kata Fajriyah, seperti dilansir Kompas.

Terkait segel, Fajriyah pun menegaskan bahwa tidak benar apabila segel berwarna merah merupakan tabung gas LPG palsu. Pasalnya tutup gas LPG sendiri terdiri dari 2 , yakni biru dan merah. Kemudian secara umum masih dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu seal cap dan plastic wrap.

“Seal cap digunakan menutup valve tabung LPG yang sudah diisi di mana warnanya sesuai dengan stasiun pengisian di wilayah tertentu. Plastic wrap merupakan yang menutupi sealcap sebagai identitas agen untuk mendistribusikan tabung LPG 3 kg,” paparnya.

Akan tetapi, Fajriyah tetap mengimbau masyarakat untuk mengecek tabung ketika membelinya di SPBU Pertamina atau agen terdekat. Pastikan tabung LPG yang dibeli tersebut berat tabung dan isinya telah sesuai ketentuan, dilengkapi dengan seal dalam kondisi baik, serta dibeli lewat jalur resmi seperti SPBU, agen, dan pangkalan resmi.

Di samping itu, pastikan juga bahwa tabung LPG tidak mengalami kebocoran. Cara mengeceknya juga mudah, yakni cukup dengan mencelupkan badan tabung ke dalam air. “Bila tidak ada gelembung yang muncul, maka pertanda tidak ada kebocoran,” tutupnya.

Loading...