Suplemen Tingkatkan Stamina, Segini Harga Supertin Kapsul

Ilustrasi: kapsul suplemen (sumber: aliexpress)Ilustrasi: kapsul suplemen (sumber: aliexpress)

JAKARTA – Selain dari sayuran, daging, dan buah-buahan, Anda pun bisa memperoleh tambahan nutrisi untuk meningkatkan stamina melalui konsumsi . Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merk yang dapat Anda konsumsi, salah satunya Supertin kapsul. Sudah di sejumlah apotek dan beberapa jual beli online, harga suplemen ini dapat dikatakan relatif terjangkau.

Supertin kapsul sendiri adalah suplemen yang diklaim sudah mengandung vitamin dan mineral, berguna untuk meningkatkan stamina, memelihara , dan meningkatkan vitalitas pada usia lanjut, menopause, kehamilan, hingga membantu pembentukan dan gigi. Pasalnya, produk ini dikatakan mengandung ginseng dan royal jelly yang telah terkenal sebagai zat peningkat stamina.

Di Apotek K24, Supertin kapsul produksi PT Pradja Pharin (sekarang diakuisisi Darya Varia Laboratoria) dijual dengan harga Rp7.432 per strip. Sementara, di HD Mall, produk tersebut ditawarkan dengan harga Rp19.657 per strip. Selain itu, di sejumlah situs e-commerce, ada pula yang menjual Supertin kapsul dengan harga Rp38 ribu hingga Rp45 ribu per box (berisi 30 kapsul).

Meskipun memiliki yang baik untuk tubuh, sejumlah ahli kesehatan mengatakan bahwa kunci keberhasilan pemenuhan vitamin dan mineral setiap hari tetap dari pola makan yang bergizi dan seimbang. Ahli gizi merekomendasikan makanan sehat ketimbang suplemen karena makanan mengandung beberapa jenis vitamin, mineral, sekaligus serat.

“Mengonsumsi multivitamin tidak akan menurunkan risiko serangan jantung, stroke, atau kematian akibat kardiovaskular pada orang dewasa yang sehat,” papar ahli dalam, Raul Seballos. “Untuk pria berusia 65 tahun atau lebih, multivitamin tidak memberikan manfaat kognitif. Bagaimanapun juga, multivitamin tidak akan menggantikan manfaat pola makan sehat.”

Banyak pula suplemen multivitamin yang bisa memicu efek samping serius jika dikonsumsi dalam dosis besar. Itu sebabnya, jangan mengonsumsinya melebihi ketentuan atau resep dokter. Untuk mencegah efek samping tersebut, hindari pula mengonsumsi lebih dari satu produk multivitamin. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati pada kandungan yang ada di dalam multivitamin.

Loading...