Tenaga Buas & Kecepatannya Saingi Hypercar Bugatti, Harga SSC Tuatara Bikin Gigit Jari

Mobul SSC Tuatara - www.slashgear.comMobul SSC Tuatara - www.slashgear.com

Meski pasarnya sangat sedikit, tetap saja ada beberapa konglomerat yang tergila-gila dengan hypercar yang buas dan tentunya bertenaga tinggi. Oleh sebab itu, beberapa otomotif berlomba-lomba menciptakan mobil tercepat di dunia. Bahkan beberapa waktu lalu kehadiran sosok hypercar SSC Tuatara mampu mencuri perhatian khalayak. Mobil besutan Shelby SuperCars (SSC) ini kabarnya telah dikembangkan sejak satu dekade lalu dan dijual dengan yang fantastis.

“SSC membutuhkan waktu cukup lama dalam satu dekade untuk mewujudkan hypercar pertamanya tersebut. Bahkan, harus menggunakan jasa desainer supercar Jason Castriorta,” demikian seperti dilansir dari Autoblog melalui iNews.

Hypercar yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu ini awalnya hanya diproduksi sebanyak 40 unit. Namun karena tingginya minat pasar, SSC memproduksi Tuatara sebanyak 100 unit. Walaupun harganya tak diumumkan ketika peluncuran, beberapa sumber mengatakan bahwa SSC Tuatara bisa dijual dengan harga mencapai 2 juta AS atau sekitar Rp29,5 miliar.

Tak tanggung-tanggung, SSC Tuatara mengusung spesifikasi flat plane berkapasitas 5.600 cc twin turbo V8 yang diklaim dapat menghasilkan tenaga ganas hingga 1.750 hp dengan asupan bakar E85. Tetapi jika sang pemilik hanya mengisi hypercar ini dengan bakar oktan 91, maka tenaga yang dihasilkan hanya 1.350 hp.

Dengan bermodal mesin luar biasa itu, SSC Tuatara disebut-sebut mampu mencapai kecepatan maksimal 483 km per jam hanya dalam beberapa detik dan dapat menantang rekor 490,484 km per jam yang berhasil diraih oleh Bugatti Chiron tahun 2019 lalu. SSC Tuatara menggunakan transmisi CIMA tujuh kecepatan yang bisa menggeser persneling dalam waktu hanya kurang dari 100 milidetik.

Dari segi tampilan, sepintas hypercar SSC Tuatara memang terlihat begitu intimidatif dengan bentuk kokpit seperti pesawat jet, hidung seperti roket, dan sayap di sisi belakang. Hypercar ini mempunyai 2 tempat duduk dengan jarak pemisah, konsol yang tinggi dan setir yang datar. Di bagian , pengemudi bisa melihat berbagai , seperti mengakses kontrol iklim, hiburan, tekanan, ban, dan lain-lain. Dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, SSC pun kabarnya berencana menciptakan Tuatara versi mesin lebih kecil.

Loading...