Harga Mulai Rp100 Ribuan, Speedometer Variasi Bikin Tampilan Tiger Makin Ganteng

Speedometer Variasi Tiger - (Youtube: Rey Motovlog Custom)Speedometer Variasi Tiger - (Youtube: Rey Motovlog Custom)

Speedometer merupakan bagian dari panel indikator yang fungsinya adalah sebagai penunjuk kecepatan kendaraan. Speedometer biasanya ada pada kendaraan seperti mobil maupun speedometer. Pada , satu ini kerap dimodifikasi agar tampilan kendaraan terlihat lebih menarik. Dibandingkan spidometer asli, speedometer variasi seperti untuk Tiger dan sebagainya biasanya dengan harga yang bersaing.

Berdasarkan penelusuran di situs jual-beli online, harga speedometer variasi merk CONBIZ, SCT, BREVETTI, Orbitz, GORILLA untuk Tiger, CB, GL, dan sebagainya mulai harga Rp115 ribu. Ada juga speedometer replika RX2N digital untuk Tiger yang mulai harga Rp476 ribu, hingga speedometer digital bulat variasi Tiger untuk gaya cafe racer yang harganya dipatok mulai Rp306 ribu per set.

Nah, speedometer yang bermasalah atau mati biasanya terlihat dari tidak berfungsinya jarum penunjuk arah kecepatan. Di samping itu, panel lain yang juga ikut terdampak hal itu adalah indikator jarak tempuh atau odometer.

Menurut Kepala Bengkel Yamaha Amie Jaya Depok, Sutisna, terdapat beberapa yang menyebabkan speedometer mati. Pertama, disebabkan oleh kabel yang menjadi penghubung antara panel indikator dengan gearbox sumbu roda depan. Jika speedometer tidak berfungsi, kemungkinan kabel ada pada posisi tertekuk atau putus. “Kalau cuma tertekuk masih bisa diperbaiki. Tapi kalau sudah putus biasanya karena usianya yang sudah lama. Jadi sebaiknya diganti dengan yang baru,” ujar Sutisna, seperti dilansir Kompas.

Tak hanya kabel, matinya speedometer pun dapat diakibatkan oleh gearbox yang telah rusak atau pemasangannya kurang pas. Jika gearbox rusak, maka sang pengendara sebaiknya langsung mengganti dengan yang baru. Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh panel indikator yang kotor atau rusak. Jika hanya kotor, maka pengendara dapat membuka panel indikator dan membersihkannya. Tetapi bila memang sudah rusak, maka solusinya harus diganti. “Kalau panel indikator rusak biasanya karena per yang menggerakkan jarum sudah patah atau ada bagian yang sudah aus karena usia,” tuturnya.

Meski tak mempengaruhi pengoperasian kendaraan secara keseluruhan, speedometer yang mati tentunya dapat mengurangi penting yang bisa diperoleh dari motor. Pasalnya, speedometer berhubungan dengan odometer dan berkaitan pula dengan penentuan kapan waktu yang tepat untuk kendaraan.

Loading...