Harga Beragam, Speedometer Variasi Kerap Dipakai untuk Modifikasi Megapro

Speedometer Honda MegaproSpeedometer Honda Megapro - mazpedia.com

Saat ini banyak penggemar yang melakukan restorasi atau modifikasi -motor lawas mereka agar tampilannya lebih kekinian. Salah satu sepeda motor yang banyak “dioprek” adalah Megapro. Megapro biasanya diubah agar bergaya jap style atau scrambler tracker. Ada beragam yang perlu diubah salah satunya speedometer.

speedometer Megapro bisa bervariasi, tergantung dan fiturnya. Sebagai contoh, untuk speedometer variasi Megapro bentuk bulat digital untuk japstyle dijual seharga Rp430 ribu. Ada juga speedometer variasi bulat dengan mulai Rp100 ribuan, dan masih banyak lagi.

Di bengkel modifikasi yang ada di Depok seperti Clacustique, biaya modifikasi Megapro bergaya Scrambler Tracker berkisar mulai Rp8 juta. Tetapi perubahan yang dilakukan mencakup hampir seluruh sektor, seperti rangka, tangki, hingga jok. “Bagian yang masih dipertahankan cuma mesin sama swing arm (lengan ayun). Kalau mau paket hemat, arm tetap pakai yang asli dan enggak masalah,” kata Maiyudi, pemilik bengkel, seperti dilansir Kompas.

Layaknya modifikasi motor retro pada umumnya, Maiyudi melakukan pemotongan rangka bagian belakang agar tampilannya terlihat jadi lebih pendek. Dengan demikian, posisi tempat duduk pengemudi dan boncenger pun sama tinggi. Lalu untuk jok diganti dengan permukaan kulit garis-garis seperti motor retro. Bagian tangki masih memakai tangki asli milik Megapro yang bentuknya telah diubah jadi gaya retro tanpa lekukan apapun.

Kemudian untuk motor, Maiyudi memakai produk variasi yang rata-rata harganya cukup murah, mulai dari batok lampu, speedometer, sampai suspensi belakang. Tetapi khusus untuk suspensi depan menggunakan suspensi asli milik sepeda motor Yamaha Byson.

Untuk rodanya dari pelek asli ukuran ring 18 diganti dengan pelek merk Champ ukuran ring 17. Sedangkan bagian depan memakai yang lebarnya ukuran 2,5 inci, dan bagian belakang 3,5 inci. Pelek tersebut dibalut dengan ban tubeless Swallow Street Enduro. “Untungnya Megapro lawas masih menggunakan suspensi dualshock. Jadi tidak perlu repot mengubah. Beda kalau monoshock kan harus diubah dulu,” pungkas Maiyudi.

Loading...