Harga Tembus Rp600 Ribuan, Ini Cara Merawat Speedometer New Vixion Lightning

Speedometer New Vixion Lightning - (Youtube: Anton Gunawan)Speedometer New Vixion Lightning - (Youtube: Anton Gunawan)

PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan New V-Ixion Lightning (NVL) sejak tahun 2012 lalu. Berbeda dari sebelumnya, motor Yamaha New Vixion Lightning ini sudah mengusung panel instrumen digital, di mana speedometer-nya pun mampu mengeluarkan sapaan “Hi, Bro!” pada sang pengendaranya. Di pasaran saat ini speedometer New Vixion Lightning original berkisar mulai dari Rp618 ribu hingga Rp690 ribu. Cukup mahal bukan?

“Dari speedometer ini Yamaha memberikan sentuhan emosional dengan sapaan ‘Hi, bro!’,” kata General Manager Service YIMM, M. Abidin beberapa waktu lalu, seperti dilansir Otosia. “’Hi, Bro!’ adalah representasi dari hobi komunitas Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI) yang diterjemahkan ke dalam ,” sambungnya.

Yang lebih menarik lagi, tampilan digital speedometer New V-Ixion Lightning ini cukup karena tak ada lagi kabel-kabel, melainkan hanya memakai sensor. “Kalau banyak kabel yang terhubung ke speedometer kayaknya ribet, nah di New V-Ixion kami menyimpelkan hal itu,” ungkapnya. Tampilan speedometer V-Ixion Lightning tersebut kabarnya terinspirasi dari YZF-R1.

Meskipun canggih, rupanya speedometer digital seperti yang dianut NVL itu biasanya memiliki ‘penyakit’ yang hampir sama. Seiring berjalannya waktu, speedometer digital NVL dikabarkan dapat buram atau menghilang tampilan angkanya. “Awalnya speedometer NVL saya yang digital itu buram, tapi kok lama-lama semakin parah. Saat ini Odometer, Speedometer penunjuk digitalnya sudah hilang,” kata Ahmad Murzaki, salah satu Yamaha New V-ixion Lightning (NVL) tahun 2014.

Ternyata speedometer NVL milik Murzak ini diduga mengalami permasalahan sunburn. Sunburn sendiri merupakan penyakit yang umum dialami panel instrumen atau speedometer motor yang sudah berteknologi digital. “Biasanya speedometer atau panel instrumen motor yang mulai hilang itu disebut Sunburn. Penyebab utamanya pemilik motor sering memarkirkan motor di bawah panas terik. Sehingga bagian di speedometernya ada yang terbakar,” ucap Angga Setiawan, owner sekaligus mekanik bengkel spesialis Honda CS1, RSB Motor.

Nah, jika sudah mengalami sunburn, biasanya solusi paling mungkin untuk dilakukan adalah mengganti spido. Padahal seperti yang disampaikan sebelumnya, harga speedometer New Vixion Lightning terbilang cukup mahal, mencapai Rp600 ribuan lebih. Oleh sebab itu, jika ingin memarkir sepeda motor sebaiknya letakkan di tempat yang cukup teduh.

Loading...