Harga Capai Jutaan Rupiah, Speedometer Koso Kerap Dipakai untuk Modifikasi Vario 150

Spidometer Honda Vario 150 Dan 125Spidometer Honda Vario 150 Dan 125 Warna-Warni - otomotifnet.gridoto.com

Speedometer termasuk yang juga perlu dirawat. Namun pada perjalanannya, speedometer seperti Vario 125 atau 150 bisa saja tiba-tiba mati meski lampu-lampu dan panel lain berfungsi dengan baik. Kasus seperti ini rupanya dapat disebabkan oleh permasalahan pada speed sensor.

“Biasanya kabel yang menuju speed sensor putus, jadi speedometer nggak aktif,” kata Pardiman, kepala mekanik Takutic Spesialis Matik, Kebagusan, Jakarta Selatan, seperti dilansir Gridoto. Lebih lanjut Pardiman memaparkan, ada 3 utas kabel yang menuju speed sensor dan biasanya salah satu kabel yang mengalami putus.

Lalu bagaimana sebaiknya cara mengatasi kasus tersebut. “Untuk mengatasinya kita perlu lepas boks filter udara dan komponen speed sensor agar kabelnya terlihat jelas,” paparnya. Jika kabelnya sudah terlihat, maka bisa dibersihkan dan dicari letak kabel yang putus.

“Belah selongsong karet pembungkus kabel pakai gunting, supaya kabel putusnya terlihat,” katanya. Apabila sudah terlihat, kabel yang putus itu bisa disambungkan kembali. “Gunakan isolasi bakar supaya kuat dan juga lilit kembali pakai isolasi elektrik khusus kabel,” tandasnya.

Nah, selain menggunakan speedometer asli atau original Honda, pemilik Vario 150 pun biasanya juga banyak yang melakukan dengan mengubah speedometer. Salah satu speedometer yang banyak dipakai adalah besutan Koso, asal Taiwan.

Varian speedometer Koso untuk Vario 150 ada bermacam-macam dan harganya bisa dibilang cukup mahal. Misalnya saja untuk speedometer Koso RX2N harganya mencapai Rp3 juta, lalu speedometer Koso RX2+ dibanderol seharga Rp2,75 juta, dan speedometer digital Koso DB-03R Rp1,85 juta.

Jika ingin yang lebih murah, banyak juga replika speedometer Koso atau versi KW-nya. Harga speedometer Koso untuk Vario 150 harganya terpaut jauh lebih murah, berkisar di angka ratusan ribu . Misalnya untuk Koso RX2N 7 replika dipasarkan antara Rp350 ribu hingga Rp475 ribu per set. Salah satu keistimewaan dari speedometer Koso seri RX adalah rata-rata telah dilengkapi penampang kecepatan motor dalam format analog dan digital, seperti motor-motor keluaran terbaru.

Loading...