Tersedia dalam Berbagai Warna, Harga Softlens X2 di Optik Mulai Rp90 Ribuan

Memakai softlensMemakai softlens

Bagi orang-orang yang menderita gangguan seperti rabun jauh, menggunakan kacamata terlalu lama memang cukup melelahkan. Oleh sebab itu, kehadiran atau cukup membantu. Dengan contact lens yang ukuran -nya sesuai, tentu saja membuat pandangan jauh lebih jelas. Terlebih karena saat ini ada banyak pilihan softlens yang berkualitas dan gaya seperti X2. softlens X2 tersedia di dengan yang variatif.

Sebagai contoh, untuk tipe softlens X2 Bio Color normal dan minus dijual dengan harga Rp99.999 saja di salah satu optik. Softlens satu ini tersedia dalam pilihan blue, grey, dan hazel. Kemudian ada juga seri X2 Baby Eyes seharga Rp93 ribu, X2 New Diva Rp93 ribu, X2 Chic Rp90 ribu, seri X2 Diary seharga Rp150 ribu, X2 Sanso Color Rp110 ribu, X2 Glam Rp90 ribu, X2 Bio Glaze Rp110 ribu, X2 Seduction Rp90 ribu, X2 Stardust Rp93 ribu, X2 Sanso Color Rp110 ribu, hingga X2 Extreme Rp170 ribu.

Meskipun relatif nyaman dan aman bila digunakan dengan benar, rupanya softlens tidak boleh digunakan saat tidur. Pasalnya, tidur dengan posisi masih memakai kontak justru akan membuat kornea kekurangan oksigen. “Itu sama seperti tertidur dengan kantong plastik menutupi kepala Anda,” ujar Dr. Rebecca Taylor, juru bicara Akademi Ahli Mata Amerika (AAO), seperti dilansir Kompas.

Selama seseorang terjaga, maka kornea akan menerima oksigen dari udara. Sedangkan saat sedang tertidur, kornea akan memperoleh nutrisi dan lubrikasi dari air mata dan cairan gelatinus yang disebut aqueous humor. Apabila tertidur dengan softlens yang belum dilepas, akan ada hambatan antara kelopak mata dengan kornea. Apalagi karena lensa kontak menutupi hampir seluruh permukaan kornea.

“Saat kita terjaga dan berkedip, lensa kontak seharusnya akan bergeser sekitar satu milimeter supaya kornea mampu mendapat oksigen. Tetapi, saat tidur lensa kontak tak bisa bergerak karena mata tak berkedip,” beber Taylor.

Selain itu, pemakaian softlens saat tidur juga berisiko menimbulkan infeksi bakteri atau parasit. “Bakteri itu bisa terbawa karena kontak lensanya kotor atau dipakai terlalu lama. Bahkan melalui air bersih yang layak minum sekalipun,” tutupnya.

Loading...