Membantu Pemberian ASI Perah pada Bayi, Berapa Harga Soft Cup Feeder Pigeon?

Soft cup feeder botol pipet susu Pigeon (youtube: Multi Indocitra)Soft cup feeder botol pipet susu Pigeon (youtube: Multi Indocitra)

Sebagian yang bekerja mungkin kebingungan saat hendak memberikan ASIP (ASI perah) pada mereka. Jika menggunakan dot biasa, dikhawatirkan akan mengalami kebingungan puting dan suatu saat tidak mau lagi menyusu secara langsung dari payudara sang . Oleh sebab itu, kini dikembangkan alat khusus yang dinamakan soft cup feeder. Sepintas alat ini berbentuk seperti gelas sloki atau sendok kecil yang berguna untuk membantu memberikan ASIP pada bayi. Setidaknya ada beberapa yang mengeluarkan produk soft cup feeder, seperti Medela dengan mulai Rp560 ribu. Sayangnya, Pigeon tampaknya masih belum mengeluarkan produk tersebut.

Sejauh ini, Pigeon menawarkan produk botol pipet susu untuk bayi yang dengan harga sekitar Rp75 ribu. Botol susu ini diperuntukkan bayi dengan bibir sumbing (langit-langit bercelah) pada awal pasca operasi dan untuk bayi dengan Micrognathia, yakni bayi dengan rahang bawah kecil tidak normal.

Meski beberapa orang menyarankan penggunaan cup feeder untuk mencegah bingung puting pada bayi, menurut Dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR-K, dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSCM, jika dilihat dari aspek biomekanik, tidak mungkin bayi baru lahir dapat mengisap dengan cup feeder.

“Secara fisiologis bayi baru lahir tentu sulit minum dari cup feeder. Kalau kita kasih ASIP pakai cup feeder, bayi enggak mampu melakukan lip sealed, lehernya pun harus ditahan saat minum. Selain itu juga tidak ada mekanisme menyentuh langit-langit, karena lidah kan ditekan turun oleh cup, sehingga ASIP dipaksa mengalir sendiri. Padahal ini sangat berbahaya, karena bisa membuat bayi tersedak,” jelas Dr Luh, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Dr Luh menerangkan, pada 6 bulan pertama kehidupan bayi, gerakan paling dominan yang dilakukan adalah sucking. Oleh sebab itu, ia menyarankan di awal kehidupan bayi memang sebaiknya tak memberikan ASIP dengan cup feeder. “Sebaiknya, diikuti sesuai perkembangan bayi. Di usia enam bulan, bayi sudah mulai MPASI, ini berarti kemampuan oromotornya sudah berkembang, ia bisa menangkap makanan dari sendok. Nanti akan berkembang lagi kemampuannya menstabilkan gerak rahang, sehingga bisa mulai minum dari gelas atau memakai sedotan. Kalau sudah bisa minum dengan gelas, ya jangan dibiasakan lagi minum dari botol,” tutupnya.

Loading...