Punya Banyak Manfaat, Harga Sodium Alginate untuk Makanan Dijual Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Harga Sodium Alginate - www.standard-chem.comHarga Sodium Alginate - www.standard-chem.com

Sodium alginate atau asam alginat adalah polisakarida yang diekstrak dari rumput laut. Bahan satu ini kerap digunakan dalam makanan, farmasi, tekstil, percetakan dan pencelupan, pembuatan kertas, hingga produk kimia yang fungsinya sebagai pengental, pengemulsi, penstabil, pengikat, serta bahan perekat. Adapun untuk sodium alginate untuk makanan biasanya dijual dengan , tergantung jumlah yang dibeli.

Dalam industri farmasi, sodium alginate memiliki manfaat sebagai zat anti pembekuan , menurunkan tekanan dan mengurangi efek viskositas , dapat mencegah tekanan tinggi, diabetes, obesitas, dan lainnya.

“Alginat dimurnikan dari rumput laut coklat. Berbagai macam rumput laut coklat kelas Phaeophyceae dipanen di seluruh dunia untuk diubah menjadi bahan baku yang biasa dikenal sebagai natrium alginat. Sodium alginat memiliki kegunaan luas di berbagai industri, termasuk makanan, percetakan, tekstil, dan farmasi. Materi implan gigi menggunakan alginat sebagai sarana pembuatan gel. Alginat aman sebagai bahan dalam makanan yang diproduksi,” demikian seperti dilansir Samiraschem.

Polimer murni ini tak bercabang dan mengandung ikatan 1,4 asam D-mannuronat dan ikatan 1,4 asam L-guluronat. Bentuk alginat umumnya adalah natrium alginat, yakni garam alginat yang bisa larut dalam air. Bentuk alginat lain yang larut dalam air adalah kalium alginat atau amonium alginat, sedangkan alginat yang tidak larut dalam air adalah kalsium alginat.

Pada industri tekstil dan kertas, alginat digunakan sebagai pengembang pada permukaan kertas dan pakaian. Alginat pun dimanfaatkan dalam proses pengolahan air, khususnya pada proses flokulasio. Dalam industri makanan, alginat digunakan untuk pengental, misalnya pada es krim, pudding, cake, bir, pengembang foam, dan minuman rasa buah.

Sodium alginate untuk makanan alias food grade (FG) biasanya dijual dalam berbagai ukuran kemasan. Sebagai contoh, untuk sodium alginate 100 gram harganya dibanderol mulai Rp39 ribu hingga Rp73 ribu, lalu sodium alginate 250 gr harganya mulai Rp100 ribu, ukuran 1 kilogram (kg) dibanderol mulai Rp416 ribu hingga Rp450 ribu, dan ukuran 25 kg harganya berkisar mulai Rp8,9 jutaan di pasaran. Harga sodium alginate untuk makanan di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...