Merek Beragam, Harga Sirup Coklat di Pasaran Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Sirup cokelat (sumber: lovingitvegan.com)Sirup cokelat (sumber: lovingitvegan.com)

Selain dimakan dalam bentuk batangan, olahan juga terasa nikmat bila dikreasikan dalam bentuk minuman. Saat ini bukan hanya chocolate bar saja yang banyak beredar di , banyak juga olah coklat lain seperti bubuk cokelat hingga coklat yang digunakan di dunia . Ada banyak coklat enak yang beredar di dan jualnya pun biasanya cukup mahal bila dibandingkan dengan sirup buah-buahan biasa.

Sebagai contoh, sirup coklat Hershey’s Syrup Genuine Chocolate Flavor dijual dengan harga Rp80 ribuan per botol isi 24 oz (680 gram). Produk Hershey ini diklaim cocok untuk dicampur dengan minuman susu, dimanfaatkan sebagai topping dessert seperti es , diolah menjadi minuman coklat panas, hingga sebagai campuran membuat resep kue atau .

Kemudian ada juga merk Denali White Chocolate dan Chocolate yang masing-masing dibanderol Rp99 ribu per botol ukuran 750 ml, Nesquik Chocolate Syrup 623,6 gram seharga Rp110 ribuan, hingga merek yang cukup populer di cafe-cafe adalah Monin Syrup Chocolate 700 ml seharga Rp135.500 per botol.

Monin Syrup dapat digunakan untuk sajian minuman seperti mocktails, cocktails, dessert, milkshake, teh, latte, hingga berbagai sajian kopi lainnya. Selain untuk membuat minuman, sirup coklat pun banyak dimanfaatkan oleh para barista atau pengusaha kafe untuk membuat latte art. Latte art sendiri merupakan seni menggambar suatu pola di atas kopi yang terdapat foam.

Menurut Iffung, Training Manager PT Excelso Multi Rasa, ada beberapa metode membuat latte art ala barista, yakni pouring, etching dan pattern. Pouring adalah teknik menuang milk foam di atas kopi, etching merupakan teknik melukis di atas foam dengan bantuan sirup coklat, dan yang terakhir pattern adalah teknik membentuk pola menggunakan alat cetak sesuai pola yang telah dibentuk.

“Keahlian barista dalam membentuk tekstur foam menentukan hasil akhir, karena dalam membuat foam dan teknik pouring agak sulit serta perlu praktik yang banyak,” ungkap Iffung. Ia menambahkan, komposisi ideal untuk membuat latte art adalah dengan menggunakan perpaduan 1/3 kopi, 1/3 hot fresh milk UHT, dan 1/3 foam dengan suhu maksimal 80 derajat celsius.

Loading...