Peredam Hentakan, Segini Harga Shock Depan BeAT Pop

Shock Depan BeAT Pop - www.bukalapak.comShock Depan BeAT Pop - www.bukalapak.com

JAKARTA – Shockbreaker, atau sering juga disebut shock saja, adalah komponen vital pada sepeda motor yang berfungsi untuk meredam hentakan ketika melewati jalanan yang berlubang. Seiring dengan pemakaian, terlebih jika sering digunakan pada yang tidak rata dan jarang dirawat, shock ini berpotensi rusak. Jika demikian, Anda mungkin harus mengganti dengan yang baru. Apabila motor Anda kebetulan Honda BeAT Pop, harga shock depan matik ini berada di angka ratusan ribu rupiah.

Melansir situs resmi Honda Cengkareng, shock depan untuk Honda BeAT sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp320 ribuan per buah. Sementara itu, di beberapa situs jual beli online, shock depan Honda BeAT Pop saat ini dijual dengan harga mulai Rp307 ribu hingga Rp400 ribuan untuk produk yang diklaim original, sedangkan harga produk bekasnya berkisar Rp150 ribu hingga Rp200 ribuan.

Dilansir dari Gridoto, tugas suspensi sebagai komponen peredaman tergolong penting karena berhubungan dengan kenyamanan dan kestabilan sebuah sepeda motor. Jika mengalami kerusakan, tentu saja harus segera diperbaiki agar kinerja komponen tersebut tetap optimal. Nah, salah satu masalah yang sering menghinggapi shock depan seiring usia pakai adalah sil bocor, yang jika tidak segera diganti, membuat as ikutan rusak dan krom terkelupas.

“Jika sudah begitu, maka perlu mengganti sil dan as shockbreaker,” jelas Agustinus Purwanto dari bengkel Nero Speed di Purwokerto. “Jika dibiarkan saja, motor menjadi tidak stabil atau limbung. Ban pun bisa lekas habis sebelah karena tekanan suspensi menjadi tidak seimbang, lantaran oli yang berfungsi sebagai peredaman telah keluar.”

Untuk proses penggantian sil ini, pertama tentu saja Anda harus membelinya terlebih dahulu di bengkel atau marketplace. Untuk kepunyaan Honda BeAT, rata-rata dijual dengan harga Rp120 ribuan. Jangan lupa juga untuk membeli oli khusus shockbreaker. Perlu dicatat bahwa pengisian ulang oli tidak boleh terlalu banyak, karena dapat membuat shockbreaker menjadi keras, sedangkan jika kurang akan membuatnya terlalu empuk.

Loading...