Ingin ‘Nanggap’ Orkes Dangdut? Segini Kisaran Harga Sewa OM Monata

Harga Sewa OM Monata - (Youtube: NEW MONATA Official Real)Harga Sewa OM Monata - (Youtube: NEW MONATA Official Real)

Rasanya hampir tak ada yang mengenal orkes melayu (OM) Monata yang banyak melantunkan musik koplo. Namun di tengah kesuksesannya, orkes satu ini rupanya pecah pada September 2018 lalu dan Cak Sodiq Monata pun akhirnya keluar dari Monata lalu membuat sendiri bernama New Monata. Meski tampil sebagai baru, nama Sodiq yang legendaris tentunya membuat sewa orkes New Monata lebih tinggi dibanding orkes pada umumnya.

“Terakhir kami main dalam formasi utuh, tanggal 17 September 2018 di Subang, Jabar. Sepulangnya, masing-masing pamit lewat SMS, show berikutnya yang tampil sudah penggantinya,” kata Gatot Hariyanto, manager Monata, seperti dilansir Times Banyuwangi.

Lalu siapa saja yang resmi keluar dari Monata? Gatot menjelaskan, setidaknya ada 4 personil yang keluar, yakni Sodiq (vokal/gitar), Nono (gitar), Slamet (suling), dan Juri (kendang). Sejak saat itu, Sodiq pun terus berkarier lewat OM New Monata dan meninggalkan orkes Monata yang telah didirikannya bersama Gatot dan Nono sejak 1996 silam.

Saat diwawancara secara terpisah, Cak Sodiq menjelaskan jika ia dulunya pernah mengamen dari satu ke lainnya di Pandaan, Pasuruan, . Setelah 2 tahun mengamen, tahun 1998 ia mulai memberanikan diri untuk mengaransemen musik sendiri. Lalu tahun 2000 bersama OM Monata ia pun mulai pentas di depan banyak orang. “Mengamen sudah, nasi pun pernah. Enak loh saya kalau buat nasi . Kuli bangunan juga pernah, sembarang kalir tak lakoni [segala hal saya lakukan] waktu itu,” jelas Sodiq.

Ia juga bercerita kali pertama manggung, Sodiq pernah dibayar hanya Rp15 ribu. “Saya ini ratune wong melarat dulu. Gak ono [tidak ada] wong sukses tanpa kerja keras. Dulu saya dibayar lima belas ribu. Tapi sekarang banyak, sekitar Rp75 juta untuk satu jam,” bebernya.

Kabarnya bayaran Rp75 juta itu masuk ke kantong Sodiq pribadi. Sedangkan untuk seluruh kru orkes sekali manggung ternyata nominalnya bisa sampai ratusan juta . Tetapi untuk ‘nanggap’ orkes New Monata ini juga biasanya tergantung dari acara yang diselenggarakan.

Loading...