Harga Lebih Terjangkau, Sewa Akun Zoom Premium Banyak Diminati

Jasa Sewa Akun Zoom Premium - sevima.comJasa Sewa Akun Zoom Premium - sevima.com

Sejak adanya kebijakan , , maupun bekerja dari , popularitas aplikasi Zoom terus meroket. Sayangnya, sejak Oktober 2020 lalu rupanya biaya Zoom di Indonesia mengalami kenaikan karena Zoom menarik pertambahan nilai (PPN) 10% pada berbayar di Indonesia. Sebagai alternatif, beberapa orang justru lebih tertarik untuk menggunakan akun atau room Zoom premium di sejumlah marketplace yang banderolnya lebih miring.

Sebagai perbandingan, biaya berlangganan Zoom per bulan mulai 15 dolar atau sekitar Rp222 ribuan, jika dikenai pajak 10%, maka tagihannya membengkak jadi Rp244 ribu. Ada pula langganan lain, seperti Business dan Enterprise dengan biaya 20 dolar atau sekitar Rp297 ribuan per bulan, belum termasuk pajak.

Bagi pengguna yang hanya butuh Zoom untuk sementara, jasa sewa akun Zoom yang saat ini tersebar luas di marketplace memang sangat menolong. Jasa sewa Zoom ini muncul lantaran platform Zoom hanya menyediakan layanan gratis untuk durasi 40 menit saja. Apabila ingin menggunakan lebih dari 40 menit, maka pengguna harus membayar.

Menurut sejumlah mahasiswa, jasa sewa Zoom tersebut sangat praktis dan lebih hemat. Menurut salah seorang mahasiswa Jurnalistik FIKOM Universitas Padjajaran (Unpad), jasa sewa Zoom lebih praktis dan lebih hemat karena bisa dibayar per jam. “Awalnya aku tuh mau bayar Zoom sendiri, ternyata paypal ga bisa waktu itu, akhirnya nyewa, lagian lebih oke juga jadinya karena bisa per jam daripada bayar sebulan tapi cuma kepake 1 jam gitu,” katanya, seperti dilansir Ketikunpad.

Berdasarkan penelusuran dari sejumlah lapak, tarif sewa akun Zoom untuk Zoom Meeting selama 4 jam dengan kapasitas 500 peserta berkisar mulai Rp99 ribu – Rp2,999 juta. Kemudian untuk sewa akun Zoom premium untuk kapasitas 1.000 peserta biayanya antara Rp400 ribu – Rp2,5 juta lebih. Ada juga sewa room Zoom-nya saja dengan harga untuk meeting 100 peserta Rp49.900, meeting 300 peserta Rp99.900, meeting 500 peserta Rp145 ribu, meeting 1000 peserta Rp199 ribu, dan webinar mulai Rp99.900 sampai Rp299.000 untuk harian (insidental).

Loading...