Roadbike Flagship Ternama Asal Italia, Harga Sepeda Pinarello Dogma Setara Mobil MPV

Sepeda Pinarello Dogma - www.sigmasports.comSepeda Pinarello Dogma - www.sigmasports.com

Sejak merebaknya pandemi (Covid-19), peminat bersepeda di makin meningkat. Bahkan tak jarang ada yang sampai rela mengeluarkan uang senilai ratusan juta untuk membeli -sepeda harga mahal buatan luar negeri seperti Pinarello. Sebagai , Pinarello sendiri merupakan perusahaan sepeda asal Treviso, Italia yang telah mengembangkan road bike sejak tahun 1952 silam. Salah satu seri roadbike flagship dari Pinarello adalah Dogma.

Pinarello Dogma F12 dirilis oleh ternama ini sejak tahun 2019 lalu dan diposisikan sebagai penerus dari Dogma F10. “Pinarello kembali mengevaluasi F10, lalu mendesain F12 menjadi lebih aerodinamis dan stiff. F12 mampu membelah 7,3 persen lebih baik dari F10. Bagian bottom bracket (BB) dibuat 10 persen lebih kaku,” kata pihak Pinarello seperti dilansir dari Bikeradar melalui Solopos.

Sepeda Pinarello Dogma F12 kondisi baru dijual paling mahal mencapai Rp200 jutaan dengan seluruh item fitur maksimum. Di Indonesia, sepeda Pinarello Dogma F10 kondisi bekas atau second yang merupakan generasi sebelum F12 dijual dengan harga Rp99 juta. Luar biasa sekali bukan? Harganya bahkan hampir sama seperti harga second dari mobil-mobil MPV.

Lantas, apa sebenarnya keistimewaan spesifikasi dari roadbike dengan harga selangit ini? Merangkum dari situs resminya, Pinarello Dogma F12 menggunakan stang teranyar Most Talon Ultra yang diklaim 8% lebih rigid dari Talon Aero sebelumnya, drag aerodinamis 5% lebih sedikit dan lebih ringan 10%. Selain itu, sepeda Pinarello Dogma F12 tersedia dalam 13 ukuran dan 16 handlebar, atau setidaknya terdiri dari 208 kombinasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kenyamanan para penggunanya.

Yang tak kalah menarik, Pinarello Dogma F12 menggunakan asymmetric frame Carbon Torayca T1100 1K Dream Carbon with Nanoalloy Technology. Tak seperti sepeda pada umumnya, Dogma F12 menggunakan teknologi TICR™ (Total Internal Cable Routing), di mana pengguna tak akan terganggu dengan instalasi kabel yang menjuntai di bagian handlebar sepeda. Pada versi rim brake, hanya satu kabel yang diturunkan ke rem depan. Bagaimana? Tertarik memilikinya?

Loading...