Bisa Dimodifikasi Jadi Full Otomatis, Berapa Harga Senjata Api M16?

Senjata Api M16Ilustrasi : Senjata Api M16 - www.tokopedia.com

Kepemilikan senjata api di Indonesia memang sangat dibatasi. Pasalnya, kepemilikan senjata api secara ilegal dikhawatirkan lebih banyak menimbulkan dampak negatif dibandingkan dampak positifnya. Namun tersebut agaknya tidak berlaku di negara lain seperti . Masyarakat sipil bahkan masih bisa membeli senjata api macam senapan serbu M16. M16 atau yang juga disebut senapan AR-15 kabarnya di AS sana dijual dengan sekitar USD700 hingga USD3.500 atau antara Rp9,7 jutaan hingga Rp49 jutaan per pucuknya.

“Senapan M16 menembak menggunakan magasin 5,56 x 45 mm dan dapat menghasilkan efek melukai besar ketika dampak peluru pada kecepatan tinggi dan patek dalam jaringan menyebabkan fragmentasi dan cepat mentransfer energi,” demikian seperti dilansir Wikipedia.

Senapan M-16 begitu karena dikenal ringan, air-cooled, beroperasi dengan sistem gas, menggunakan magazine, dan menggunakan bolt berputar. Senjata api ini terbuat dari besi, aluminium, dan plastik komposit yang telah diproduksi sejak tahun 1960 silam sampai saat ini.

-model awal dari M16 termasuk ringan, dengan berat 2,9 kg. Bobot tersebut bahkan kabarnya lebih ringan dari AK-47 yang beratnya mencapai 5 kg. Hingga kini M16 telah digunakan oleh 15 negara NATO dan lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Berbagai perusahaan di Amerika Serikat, Kanada, dan China telah memproduksi lebih dari 8.000.000 senapan pada semua .

Sayangnya, kepopuleran M16 rupanya telah banyak disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Senapan ini dikabarkan kerap dijadikan senjata andalan para pembunuh massal di AS, misalnya saja seperti kasus pembunuhan massal di club gay Pulse di Orlando beberapa waktu silam. “AR-15 adalah salah satu senjata paling laris bak kacang goreng di Amerika. Pada tahun 2013, National Shooting Sports Foundation memperkirakan ada antara 5-8,2 juta senjata ini yang beredar di pasaran,” demikian seperti dilansir CNN Indonesia.

Hal lain yang menarik dari senapan satu ini rupanya berkaitan dengan kemudahan pembeliannya. Untuk memperoleh AR-15 alias M16 di AS sana kabarnya tak perlu ada waktu tunggu seperti saat hendak membeli pistol Glock. Bahkan jika dimodifikasi, AR-15 dapat bekerja dengan mekanisme sepenuhnya otomatis. Luar biasa sekali bukan?

Loading...