Tawarkan Kualitas, Selang Sanchin 100 Meter Dibanderol Mulai Harga Rp 850 Ribu

Harga Selang Sanchin - www.bukalapak.comHarga Selang Sanchin - www.bukalapak.com

Mencuci dengan alat steam atau penyemprot bertekanan tinggi memang praktis, karena bisa mempercepat saat meluruhkan kotoran-kotoran yang melekat di bodi . Akan tetapi penggunaan mesin steam semacam ini ternyata perlu dilakukan secara cermat. Sebab salah-salah justru bisa membuat performa motor jadi terganggu.

Pada dasarnya mencuci motor bisa dilakukan dengan aliran dari selang tanpa menggunakan tekanan yang terlalu besar. “Bukan enggak boleh ya dicuci dengan bertekanan atau di-steam, tapi disarankan cukup dengan yang mengalir. Ini untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen sepeda motor saat terkena tekanan tadi,” kata M Abidin, GM aftersales & motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), seperti dikutip dari Okezone.

Menurut Abidin, proses pencucian motor menggunakan steam justru dapat merusak kisi-kisi radiator motor. Tekanan air tinggi dan bulirannya cenderung kecil dan tajam, sehingga dapat dengan mudah menyerap masuk. Yang lebih parah lagi, jika salah dalam mencucinya justru bisa mempengaruhi sistem pengapian motor. “Jadi air bertekanan untuk bagian yang keras dan relatif aman saja, seperti pelek dan cover bodi. Speedometer juga sebaiknya jangan. Bodi motor pun jika ada stikernya, kalau sering-sering dicuci seperti itu bisa rusak,” ungkap Abidin.

Saat ini sudah banyak alat steam motor di sejumlah pusat perbelanjaan, ada yang buatan lokal maupun buatan luar negeri. Komponen dari alat steam itu biasanya terdiri selang yang memang diperuntukkan high pressure (tekanan tinggi). Apabila dibandingkan dengan selang-selang air biasa, harga selang tekanan tinggi memang relatif lebih mahal karena materialnya yang biasanya lebih tebal dan bagus.

Di pasaran pun ada banyak dan jenis selang tekanan tinggi. Beberapa tempat menjual selang high pressure eceran per meter, ada yang panjangnya 50 meter, dan ada pula yang 100m. Adapun untuk selang high pressure Sanchin dengan spesifikasi ukuran 8,5 mm x 100 meter dengan harga berkisar mulai Rp 850 ribu per roll.

Loading...