Harga Sedang Naik, Tepung Terigu per Karung Dijual Mulai Rp 125 Ribuan

Harga Tepung Terigu - merahputih.comHarga Tepung Terigu - merahputih.com

Menjelang perayaan 2018 dan Tahun Baru 2019, rupanya harga sejumlah -bahan pokok di berbagai daerah mengalami kenaikan. Tepung terigu misalnya, di Pekanbaru terpantau mulai merangkak naik dengan kenaikan antara Rp 500 hingga Rp 1.000.

Di Arengka Pekanbaru, salah satu bernama Nisa mengungkapkan bahwa harga tepung telah naik dari bulan Oktober 2018 lalu. “Tepung sekarang Rp 7.000 biasanya Rp 6.000 dan sekarang Rp 7.000 itu yang paling murah, kemarin masih bisa Rp 6.500, syukur-syukur tidak naik lagi,” ujar Nisa, seperti dilansir GoRiau.

Tak hanya di Pekanbaru, harga tepung pun dikabarkan sedang melonjak di Kabupaten Sidoarjo, sehingga cukup menyulitkan para produsen kerupuk. Terlebih karena saat ini sudah memasuki penghujan, para produsen kerupuk mengaku kesulitan untuk mengeringkan hasil produksinya. Alhasil untuk mengeringkan kerupuk, mereka pun terpaksa menggunakan buka tutup.

“Kami tetap melakukan produksi untuk memenuhi konsumen atau , meski mendapat cuaca yang kurang mendukung,” ujar Sutriono, salah satu produsen kerupuk di wilayah Desa Janti, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo.

Sutriono pun mengaku sulit untuk mendapat keuntungan yang besar karena harga tepung yang terus melambung. Katanya harga tepung saat ini bisa mencapai Rp 1 juta dari sebelumnya hanya dijual sekitar Rp 500 ribu per kuintal. Lantaran harga bahan baku semakin mahal, para produsen kerupuk pun terpaksa menaikkan harga kerupuk mentah dari yang sebelumnya dibanderol Rp 55 ribu per kilo menjadi Rp 64 ribu per kilo.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran di sejumlah situs jual beli , harga tepung terigu per karung saat ini dijual bervariasi, mulai dari protein rendah, sedang, hingga tinggi. Sebagai contoh, untuk tepung terigu Segitiga Biru produksi Bogasari 25 kg dijual dengan harga Rp 177 ribu, kemudian tepung terigu Bogasari Lencana Merah 25kg harganya berkisar Rp 125 ribuan hingga Rp 150 ribuan, merek Tambang Rp 148 ribuan, dan jenis tepung terigu Bogasari Cakra Kembar 25 kilogram harganya mencapai Rp 190 ribu per 1 karung.

Loading...