Dibutuhkan untuk Membuat Kombucha, Harga Bibit Scoby Dibanderol Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Teh KombuchaTeh Kombucha - www.sehatq.com

kombucha sejak beberapa waktu belakangan begitu populer di kalangan penikmat produk-produk dan . Pasalnya, yang bercita rasa manis dan cenderung ini begitu segar untuk dinikmati serta dipercaya menyimpan banyak menakjubkan untuk kesehatan. Selain membeli dalam wujud kombucha siap minum, teh satu ini juga bisa dibuat di rumah asalkan Anda memiliki teh hitam, gula, air, dan juga scoby atau jamur kombucha. Harga scoby kombucha biasanya mulai puluhan ribu .

Scoby sendiri merupakan singkatan dari symbiotic culture of bacteria and yeast yang berfungsi untuk memfermentasi gula pada teh manis menjadi teh kombucha. Bentuk scoby memang unik, yakni berbentuk bundar seperti jamur berukuran besar. Scoby biasanya akan tumbuh dengan sendirinya pada minuman teh kombucha dan akan menebal seiring berjalannya waktu selama proses teh manis kombucha berlangsung.

Di Indonesia, harga bibit scoby kombucha dijual mulai dari Rp30 ribuan per keping. Harga yang lebih mahal bisa saja berlaku untuk scoby dengan ukuran yang lebih besar (jumbo) dan tebal. Setiap pembelian scoby biasanya sudah dilengkapi dengan starter atau biang kombucha yang nantinya dicampurkan dengan teh manis untuk proses fermentasi. Tiap keping bibit/scoby kombucha dapat digunakan untuk produksi teh kombucha sekitar 3 liter.

Seperti diketahui, teh kombucha siap minum biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran. Oleh sebab itu, kini teh kombucha sudah mulai banyak dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, salah satunya di kawasan Cilegon.

“Teh tersebut yang merupakan fermentasi dari teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter kultur kombucha yang disebut SCOBY. Minuman tersebut sangat baik bagi kesehatan. Di antaranya membantu penyembuhan rematik. Diharapkan melalui minuman bisa menjadi peluang usaha masyarakat,” kata Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas teknik Unsera, Nina Arlofa.

Selain diyakini membantu penyembuhan rematik, teh kombucha disebut-sebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menyembuhkan sakit kepala, membunuh sell kanker, menyembuhkan penderita stres tubuh, dan masih banyak lagi. Meski demikian, penelitian mengenai kombucha sendiri masih minim, sehingga konsumsi teh asam ini sebaiknya dilakukan pada batas yang wajar.

Loading...