Harga Sayuran Belum Stabil di Tahun 2018, Bayam Dijual Rp15 Ribuan per Kg

Harga, bayam, per, kg, 2018, sayuran, buah, kangkung, daun, kubis, pedagang, pasar, Bogor, tembakau, musim, kemarau, faktor, petani, stabil, naik, turun, kentang, tomat, mentimun, persediaan, air, sayur, Bangka, jenis, dijual, kawasan, kisaran, sawit, konsumsi, masyarakatPuluhan ikat bayam ditumpuk siap dijual

Sejak perayaan Hari Raya Idul Adha hingga Oktober 2018, di Pasar Bogor diakui masih belum stabil. Dalam beberapa hari, harga bisa naik, namun dalam beberapa hari berikutnya bisa turun.

“Harga mah kadang naik kadang turun. Jarang stabil,” kata pedagang sayuran di Pasar Bogor, Asep, di Pasar Bogor, dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, bawang merah berada di kisaran harga Rp20 ribu per kg, atau naik dari Rp15 ribu per kg. Sementara bawang putih, harganya Rp20 ribu per kg dari yang sebelumnya di angka Rp 18 ribu per kg. “Kalau harga bawang sudah naik dari dua bulan yang lalu,” lanjutnya.

Sementara untuk tomat besar, Asep memberi harga Rp10 ribu per kg. Sementara tomat kecil, Rp8.000 per kg. Kentang besar, Rp12 ribu per kg atau turun dari Rp15 ribu per kg.
Lalu untuk kentang kecil, harganya Rp10 ribu per kg atau mengalami penurunan harga Rp2.000. “Harga tomat stabil. Tapi kalau kentang, harga turun dari setelah Idul Adha kemarin,” terangnya.

Sayuran lain, yakni kubis, mengalami kenaikan Rp2.000, atau dari Rp8.000 per kg menjadi Rp10 ribu per kg. Sawit, dari Rp15 ribu per kg menjadi Rp8 ribu per kg. Timun, naik Rp5.000, yaitu dari Rp5.000 per kg menjadi Rp10 ribu per kg. Bayam, turun menjadi Rp15 ribu per kg dari harga sebelumnya di angka Rp20 ribu per kg. “Harga kubis dan timun ini sudah dari satu minggu kemarin. Kalau sawi, sejak dua minggu kemarin. Sementara bayam, sudah sejak 3 bulan kemarin,” lanjut Asep.

Sementara itu, kemarau yang saat ini melanda wilayah Kabupaten Bangka, juga berdampak kepada harga sayur-sayuran yang menjadi sehari-hari masyarakat. Hal ini dibenarkan oleh Ardi, salah satu pedagang sayur di Pasar Kite.

Ardi mengatakan, saat ini harga sayuran , seperti bayam berada di kisaran harga 15.000, per kilogram (kg). ”Sayur jenis seperti bayam sama kangkung naik. Bayam itu kadang bisa Rp15.000, kalau kangkung bisa sampai Rp18.000 per kilogramnya,” jelas Ardi.

Kemudian, untuk harga sayuran jenis buah, seperti mentimun yang saat ini berkisar di harga Rp8.000 per kg, padahal sebelumnya sempat dengan harga Rp3.000 per kg. ”Timun itu sempat di harga terendah, tapi sekarang naiknya drastis. Tomat juga sekarang di kisaran Rp12.000,- per kg, itu tinggi. Biasanya Rp8 ribuan per kilogram,” tandas Ardi.

Kenaikan harga sayuran ini dipengaruhi sejumlah faktor. Selain persediaan di musim kemarau menipis, banyak juga di beberapa kawasan yang beralih menanam tembakau.

Loading...