Harga Satuan Murah, Lampu LED Kecil Dikenal Hemat Daya

Lampu LED Kecil - www.tokopedia.comLampu LED Kecil - www.tokopedia.com

Light Emitting Diode alias LED kini semakin umum digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari untuk , penerangan jalan, hingga lampu seperti mobil dan sepeda motor. Alasannya sederhana, lampu LED dinilai lebih hemat daya dibandingkan lampu halogen biasa. Lampu LED biasanya satuan dengan variatif, mulai dari kecil hingga yang ukurannya besar.

Adapun harga lampu LED kecil satuan ukuran 5 mm aneka warna untuk rangkaian pun cukup murah, mulai Rp 200-600 saja per biji. Kemudian ada pula lampu LED 1 watt bulat kecil outbow/tempel 220 V tanpa ballast seharga Rp 45 ribu, lampu LED kotak mulai Rp 7.500, hingga lampu LED strip selang harganya mulai Rp 11 ribuan.

Walaupun dikenal lebih irit listrik, ternyata tak selamanya lampu LED mempunyai daya kecil. “Jadi lebih baik kalau mau putih (warna cahaya lampu), tetap larinya ke HID (High Intensity Discharge) untuk lampu utamanya, karena HID pun watt-nya juga kecil,” kata Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision), Dedy Kurniawan, seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Dedy mengungkapkan, meskipun LED lebih irit lantaran memiliki satuan daya (watt) yang lebih rendah, ternyata ada pula LED yang satuan daya-nya tinggi. Hal itu kembali lagi pada produsen mobil yang menggunakan LED untuk produknya. “Lampu standar itu 55-65 watt, kalau HID 35 watt paling tinggi 55 watt, LED 21 watt sampai 35 watt. Tergantung dia LED-nya itu dari pabrikan mana, soalnya ada juga LED dari pabrikan karena ngejar terangnya watt-nya gede,” terang Dedy.

Oleh sebab itu, Dedy lebih menyarankan bahwa untuk lampu depan atau lampu utama mobil sebaiknya memakai jenis lampu HID atau halogen. Sedangkan lampu LED sebaiknya digunakan sebagai fog lamp. “Karena sifat LED kebanyakan yang dijual di itu dia masih putih kan, putihnya itu lebih putih dari HID, kalau HID itu putihnya 6000 kelvin (satuan cahaya), kalau LED paling rendah itu 6300 kelvin, otomatis kalau mobil keluar kota ada kabut atau hujan dia hilang, kadang-kadang kena lampu kota aja LED-nya (cahaya) hilang, karena fokusnya itu belum sempurna dia,” paparnya.

Loading...