Pengembangannya Butuh Biaya Besar, Berapa Harga Sapi Gatotkaca?

Sapi Gatotkaca / Belgian Blue - www.kupasmerdeka.com

(Kementan) sejak beberapa tahun lalu berupaya mengembang-biakkan sapi berjenis Belgian Blue. Sapi satu ini disebut-sebut termasuk jenis sapi unggul dengan harga jual yang tinggi. Sapi unggul asal Belgia yang di sini dinamai Gatotkaca itu pengembangbiakannya membutuhkan biaya yang cukup mahal. Bahkan kabarnya harga sperma atau semen beku dari sapi gatotkaca hingga Rp15 juta per straw dosis. Luar biasa sekali bukan?

Sapi itu memang sengaja dinamakan gatotkaca karena diharapkan mampu seperti tokoh wayang Gatotkaca yang kuat, gagah, dan besar. Keberhasilan tersebut adalah salah satu wujud upaya dalam swasembada . Sapi transfer embrio dibawa langsung dari Belgia ke Indonesia dengan indukan simmental.

“Yang telah kami lakukan, kami telah melakukan 10 kali percobaan dengan teknologi transfer embrio untuk Belgian Blue. Inilah hasil pertama. badan nya 62,5 kg saat lahir. Sama dengan anak Simmental keturunan usia dua bulan,” kata Kepala BET Cipelang, Oloan Parlindungan saat ditemui di BET Cipelang, Bogor tahun 2017 lalu, seperti dilansir Detik.

Sapi gatotkaca atau Belgian Blue ini adalah sapi pedaging yang kekar dan berotot ( ganda), serta rendah lemak. Sapi gatotkaca kabarnya dapat menghasilkan daging hingga 10 kali lipat dari sapi . Sapi Belgian Blue disebut sebagai sapi berotot pertama di dunia yang merupakan hasil persilangan dari jenis sapi Shorthorn dan Charolais yang dikembangkan oleh Belgia.

Sapi Belgian Blue dapat memiliki bobot hingga 1,5 ton dalam waktu 2 tahun. Jumlah tersebut lebih besar dari sapi jenis limosin yang beratnya sekitar 600-700 kg dalam waktu yang sama. Yang lebih mencengangkan lagi, 2 bobot sapi Belgian Blue dalam waktu 2 tahun mencapai 10 kali lipat dari bobot sapi lokal dalam waktu yang sama. Tetapi tentu saja penanganan sapi jenis Belgian Blue harus lebih ekstra karena secara genetik berbeda dari jenis sapi lainnya.

Sapi Belgian Blue mempunyai otot yang besar dan kuat. Bagian kulitnya tipis dan sedikit lemak. Sapi gatotkaca dapat menghasilkan karkas 73-80% dari total bobot tubuhnya, yang artinya lebih besar dari karkas sapi lokal yang hanya mampu menghasilkan karkas sebanyak 47-50%.

Loading...