Bentuknya Unik, Harga Sansivera Centong Jumbo Masih Ramah di Kantong

Sansivera Centong Jumbo - (YouTube: diyan florist Pangandaran)Sansivera Centong Jumbo - (YouTube: diyan florist Pangandaran)

sansivera atau yang kerap disebut lidah mertua dan pedang-pedangan memang ada banyak sekali jenisnya, mulai dari sansevieria varigata, sansivera tiger, sansivera silver, sansivera pagoda, sansivera kodok, sansivera tombak, hingga yang tak kalah unik adalah sansivera centong. Sansivera centong belakangan banyak dilirik karena memiliki yang unik dengan lebar dan besar layaknya centong. Jika dirawat dengan benar sansivera centong pun akan tumbuh jumbo atau benar-benar besar. sansivera centong jumbo tidak terlalu menguras kocek, hanya berkisar di angka belasan hingga puluhan ribu saja untuk beberapa .

Berdasarkan penelusuran di beberapa jual-beli , harga sansivera centong jumbo yang masih kecil dijual Rp10 ribu per tangkai daun. Sedangkan sansivera centong jumbo/giant dengan yang sudah mencapai 50 cm harganya Rp20 ribu per daun. Harga sansivera centong jumbo yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Tanaman sansivera centong jumbo bisa dibilang sebagai salah satu tanaman hias yang cukup mudah dipelihara dan dibudidayakan, bahkan oleh pemula. Tanaman ini kabarnya berasal dari Afrika Barat. “Lidah mertua hadir dalam bermacam-macam kultivar unik dengan dedaunan yang benar-benar menarik, dan spesimen berdaun panjang dapat tumbuh hingga lebih dari 1,5 meter,” ujar ahli hortikultura Daniel Cunningham seperti dilansir dari Martha Stewart melalui Kompas.

Selain cantik dan menarik sebagai tanaman hias, sansivera pun tidak mudah mati. “(Lidah mertua) bagus untuk siapa saja yang kesulitan menjaga tanaman hias tetap hidup,” beber Benjamin Godfrey, manajer taman di Cornerstone Sonoma.

Untuk cara menanam dan merawat lidah mertua, pot dan media tanam yang digunakan adalah hal yang penting. Lidah mertua atau sansivera tak tahan dengan tanah yang terlalu jenuh. Oleh sebab itu, pilih pot dengan drainase yang baik. Selain itu, sansivera lebih suka sinar matahari tidak langsung dari jendela yang menghadap arah selatan atau timur. Sansivera pun mudah beradaptasi dengan berbagai cahaya di dalam rumah, termasuk area dengan cahaya yang redup.

Loading...